11 Fakta Pembelahan Sel yang Perlu Kamu Ketahui

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

11 Fakta Pembelahan Sel yang Perlu Kamu Ketahui

11 Fakta Pembelahan Sel yang Perlu Kamu Ketahui

KEPONEWS.COM - 11 Fakta Pembelahan Sel yang Perlu Kamu Ketahui Pada Biologi, pembelahan sel ialah proses biologis di mana sel membelah, untuk pembentukan sel anak. Sel ialah kompleks, struktur kecil dalam organisme hidup manapun, dan mereka bertanggung jawab untu...

Pada Biologi, pembelahan sel ialah proses biologis di mana sel membelah, untuk pembentukan sel anak. Sel ialah kompleks, struktur kecil dalam organisme hidup manapun, dan mereka bertanggung jawab untuk memproduksi dan mempertahankan kehidupan. Sel membelah dan membelah setiap hari. Sesuai perkiraan, sekitar dua triliun pembelahan sel dapat terjadi dalam tubuh manusia setiap hari.

Setiap sel mengalami pembelahan sel. Sel-sel terlibat satu sama lain dan mengalami reaksi biokimia yang memandu mereka, sehingga mereka tahu kapan dan bagaimana membelah. Menurut penelitian terbaru, sebuah sel membelah menjadi dua setelah satu sel tumbuh cukup besar dan menghasilkan empat protein kunci dengan cukup.

- Fakta Miris yang Terjadi di Pabrik iPhone di China, Produksi Terhambat Gara-Gara Hal Ini - Perbedaan Realme 9 dan Realme 10, Simak Spesifikasinya Biar Tak Salah Beli - Harga HP Xiaomi Terbaru per Desember 2022 dari yang Murah sampai Mahal dan Mewah

Setelah mencapai kriteria yang diharapkan, sel tunggal terbagi menjadi dua sel. Penyembuhan luka juga diperbaiki melalui pembelahan sel. Sesuai Batas Hayflick, sel manusia normal hanya dapat bereplikasi dan membelah 4-60 kali. Setelah itu, sel kehilangan kemampuannya untuk membelah dan menjadi sel yang rusak.

Jadi, sel-sel yang berbeda merusak diri sendiri, yang disebut apoptosis. Ini ialah proses di mana tubuh kita membuang sel-sel tua atau yang tidak diinginkan atau sel-sel yang rusak secara genetik. Penasaran dengan fakta pembelahan sel? Berikut fakta pembelahan sel yang tim rangkum untuk kamu.

Ilustrasi Mikroskop. (unsplash/@cheaousa)Ilustrasi Mikroskop. (unsplash/@cheaousa)

Fakta Pembelahan Sel

1. Sel merupakan struktur dasar dari semua organisme. Fungsi dasar sel ialah untuk memastikan peredaran zat melintasi membran sel, pembelahan sel untuk membuat sel baru, dan buatan protein untuk replikasi DNA.
2. Ada dua jenis sel, yaitu sel prokariotik dan sel eukariotik. Prokariotik atau organisme prokariotik ialah organisme bersel sederhana, seperti archaea dan bakteri, yang tidak mempunyai membran inti atau inti sel.
3. Eukariota, atau organisme eukariotik, lebih besar dan lebih kompleks dan terdiri dari satu sel atau banyak sel, seperti amuba, tumbuhan, hewan, dan manusia.
4. Organisme eukariotik makan, bernapas, bergerak, tumbuh, bereproduksi, dan mengeluarkan.
5. Pada organisme eukariotik, setiap sel mengandung tiga bagian: membran sel, nukleus, dan sitoplasma.
6. Lapisan luar sel ialah membran sel, yang melindungi isi sel. Inti sel ialah pusat kendali dan menentukan struktur sel dan fungsinya. Itu dilapisi oleh membran nuklir dan menampung cairan yang disebut nukleoplasma.
7. Inti memegang kromatin, yang mempunyai bahan genetik sel atau asam deoksiribonukleat (DNA).
8. Sitoplasma merupakan cairan yang ada di dalam setiap sel. Ini mengisi ruang antara membran sel dan nukleus dan berisi organel sitoplasma seperti mitokondria, ribosom, aparatus Golgi, lisosom, dan retikulum endoplasma. Ini bertindak sebagai saluran untuk reaksi kimia berlangsung.
9. Setiap sel manusia juga mengandung 46 kromosom atau 23 pasang kromosom.
10. Selama pembelahan, nukleus, mitokondria, dan jumlah kromosom juga membelah. Proses pembelahan sel mempunyai empat tujuan, yaitu: memperbaiki atau mengganti jaringan; pertumbuhan organisme; reproduksi aseksual dalam hal tumbuhan; dan perkembangan embrio pada hewan dan manusia.
11. Tubuh kita memastikan bahwa ketika sebuah sel membelah, DNA disalin dengan benar dan dua sel anak baru identik secara genetik.

Itulah fakta pembelahan sel yang perlu kamu ketahui untuk menambah pengetahuan kamu. Semoga bermanfaat.

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins

Comments