2 Tahun Jokowi-Ma'ruf, SMRC: Penegakan Hukum Cenderung Memburuk

Nasional

News / Nasional

2 Tahun Jokowi-Ma'ruf, SMRC: Penegakan Hukum Cenderung Memburuk

2 Tahun Jokowi-Ma'ruf, SMRC: Penegakan Hukum Cenderung Memburuk

KEPONEWS.COM - 2 Tahun Jokowi-Ma'ruf, SMRC: Penegakan Hukum Cenderung Memburuk Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Wakil Presiden Ma ruf Amin sudah dua tahun berjalan memimpin RI di periode keduanya. Namun, kondisi penegakkan hukum di tanah air dinilai masih belum begitu ma...

Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Wakil Presiden Ma ruf Amin sudah dua tahun berjalan memimpin RI di periode keduanya. Namun, kondisi penegakkan hukum di tanah air dinilai masih belum begitu maksimal.

Pun, masyarakat yang mempersepsikan penegakan hukum di dua tahun pemerintahan Jokowi jilid II ini baik, jumlahnya masih di bawah 50 persen. Hal itu terungkap dari hasil survei Saiful Mujani Research & Consulting atau SMRC.

Direktur Eksekutif SMRC Sirojuddin Abbas, memberikan, sebanyak 44,8 persen responden menilai penegakan hukum di dua tahun pemerintahan Jokowi periode kedua ini baik.

"Kita mencatat ada 44,8 persen warga yang menilai penegakan hukum baik atau sangat baik. Dan, hanya 24,8 persen yang menilai kondisi penegakan hukum kita buruk atau sangat buruk. Dan, 27,2 persen di antaranya menilai sedang-sedang saja," kata Sirojuddin, Selasa 19 Oktober 2021.

Presiden Jokowi di Global COVID-19 Summit Secara Virtual Photo : Lukas - Biro Pers Sekretariat Presiden Presiden Jokowi di Global COVID-19 Summit Secara Virtual

Dia memaparkan, jikalau dilihat dari survei sebelumnya pada Mei 2021, masyarakat menilai penegakan hukum berjalan baik atau sangat baik jumlahnya 47,2 persen. Namun, pada survei bulan ini, angkanya turun menjadi 44,8 persen.

Sementara, untuk masyarakat yang menilai penegakan hukum berjalan buruk atau sangat buruk pada Mei berjumlah 19,5 persen. Namun, saat survei September 2021, jumlah itu meningkat menjadi 24,8 persen.

Comments