4 Situs untuk Bayar Zakat Online yang Aman: Siapa Saja yang Berhak Menerima?

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

4 Situs untuk Bayar Zakat Online yang Aman: Siapa Saja yang Berhak Menerima?

4 Situs untuk Bayar Zakat Online yang Aman: Siapa Saja yang Berhak Menerima?

KEPONEWS.COM - 4 Situs untuk Bayar Zakat Online yang Aman: Siapa Saja yang Berhak Menerima? Zakat merupakan istilah keuangan Islam yang mengacu pada kewajiban bahwa seseorang harus menyumbangkan sebagian kekayaannya setiap tahun untuk tujuan amal. Zakat ialah wajib bagi semua Muslim di sebag...

Zakat merupakan istilah keuangan Islam yang mengacu pada kewajiban bahwa seseorang harus menyumbangkan sebagian kekayaannya setiap tahun untuk tujuan amal. Zakat ialah wajib bagi semua Muslim di sebagian besar negara dan dianggap sebagai bentuk ibadah.

Memberikan uang kepada orang miskin dikatakan untuk memurnikan pendapatan tahunan yang melebihi apa yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan dasar seseorang dan keluarganya. Zakat, rukun Islam ketiga, merupakan sumbangan yang dianggap umat Islam sebagai tindakan wajib dalam iman mereka.

Seorang muslim yang mempunyai setidaknya jumlah minimum kekayaan diharuskan memberikan 2,5% dari aset likuid mereka untuk amal setiap tahun. Islam telah mengidentifikasi delapan golongan penerima zakat:

Link Kalkulator Zakat Tanpa Software: Siapa Saja yang Berhak Jadi Penerima?

1. Fakir. Pada kelompok fakir yaitu seseorang yang tidak mempunyai sumber penghasilan apapun yang disebabkan oleh masalah berat, seperti sakit.
2. Miskin. Sementara, definisi miskin yaitu seseorang yang mempunyai sumber penghasilan, namun tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.
3. Riqab atau biasa disebut sebagai hamba sahaya.
4. Gharim atau gharimin, yaitu orang yang mempunyai hutang dan kesulitan melunasinya.
5. Mualaf, yaitu orang yang baru memeluk agama Islam untuk merasakan solidaritas.
6. Fisabilillah, yaitu pejuang agama Islam.
7. Ibnu sabil, yaitu orang yang kehabisan bekal dalam perjalanan jauh.
8. Amil, yaitu orang yang menyalurkan zakat.

Berikut situs untuk bayar zakat online yang tim rangkum untuk kamu.

Ilustrasi uang [Pixabay].Ilustrasi uang [Pixabay].

1. Dompet Dhuafa

6 Software Kalkulator Zakat Online Terbaik Ramadan 2023

Dompet Dhuafa merupakan salah satu organisasi yang awalnya bertugas sebagai pengumpulan zakat, infak dan sedekah yang dilakukan karyawan media Republika. Karena banyaknya peminat yang ingin membayar zakat, akhirnya organisasi ini dikembangkan lebih lanjut dan menjadi organisasi yang aktif melakukan aksi sosial.

Pembayaran zakat melalui Dompet Dhuafa dapat dilakukan dengan kartu kredit, transfer antar bank, dompet elektronik, mobile banking hingga melalui pulsa.

2. Rumah Zakat

5 Software Zakat Online Terbaik dan Insya Allah Amanah

Rumah Zakat memberikan donasi secara jemput bola dengan mendatangi banyak lokasi keramaian seperti pusat perbelanjaan. Organisasi ini tidak hanya fokus pada zakat tetapi juga mengelola infak dan sedekah. Selain itu, organisasi ini juga mendapatkan pembayaran zakat secara online, untuk mempermudah para pembayar zakat, sekaligus menyalurkannya kepada yang berhak.

3. Badan Amil Zakat Nasional BAZNAS

Organisasi ini merupakan organisasi resmi dari pemerintahan Indonesia. BAZNAS berwenang untuk melakukan pengelolaan zakat secara nasional. Dukungan layanan online yang dihadirkan BAZNAS juga cukup beragam. Kamu bisa membayar zakat memakai payroll system, mobile banking, dompet elektronik, hingga transfer bank via ATM.

4. Kitabisa

Situs untuk bayar zakat kitabisa bekerja sama dengan tiga organisasi penyalur donasi seperti BAZNAS, Rumah Zakat dan Dompet Dhuafa untuk mempermudah pembayaran zakat secara online.

Menariknya, untuk melakukan pembayaran zakat online, situs ini menghadirkan sistem kode unik. Nantinya setelah melakukan transfer, sistem akan langsung mengkonfirmasi transaksi yang dilakukan sehingga diklaim lebih aman.

Itulah situs untuk bayar zakat online yang aman. Kamu bisa memakai salah satu situs di atas untuk membantu membayar zakat. Selamat mencoba.

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins

Comments