5 Fakta Menarik Tentang Maulid Nabi yang Diperingati Hari Ini

Lifestyle & Fashion

Life & Style / Lifestyle & Fashion

5 Fakta Menarik Tentang Maulid Nabi yang Diperingati Hari Ini

5 Fakta Menarik Tentang Maulid Nabi yang Diperingati Hari Ini

KEPONEWS.COM - 5 Fakta Menarik Tentang Maulid Nabi yang Diperingati Hari Ini Maulid Nabi merupakan hari yang spesial bagi seluruh umat Muslim di dunia, untuk memperingati kelahiran Nabi Muhammad SAW....

Maulid Nabi merupakan hari yang spesial bagi seluruh umat Muslim di dunia, untuk memperingati kelahiran Nabi Muhammad SAW.

Baginda Nabi diketahui lahir pada tanggal 12 Rabiul Awal di Mekkah, atau yang tahun ini jatuh pada Selasa 19 Oktober 2021.

Diketahui, berdasarkan Hadits, Rasulullah SAW lahir sekitar tahun 570 M dari ibu yang bernama Aminah dan ayah bernama Abdullah.

Kelahirannya bertepatan dengan peristiwa tentara bergajah menyerang Kakbah atau Amul Fiil pada tahun 571 kalender Romawi.

Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW, Jokowi Kutip Sabda Rasulullah

Untuk mengetahui fakta lebih mendalam seputar Maulid Nabi berikut fakta yang bisa kamu baca seperti dilansir dari banyak sekali sumber.

1. Belum diperingati secara resmi dalam tradisi Muslim awal

Warga berebur telur pada pohon telur hias saat perayaan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Pasar Tradisional Masomba di Palu, Sulawesi Tengah, Senin (18/10/2021). ANTARA FOTO/Mohamad HamzahWarga berebur telur pada pohon telur hias saat perayaan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Pasar Tradisional Masomba di Palu, Sulawesi Tengah, Senin (18/10/2021). ANTARA FOTO/Mohamad Hamzah

Peringatan kelahiran Nabi belum tercatat secara resmi dalam tradisi Muslim awal, dan juga diyakini bahwa beliau sendiri tidak bermaksud agar para pengikutnya merayakan kelahirannya.

Namun, pada abad-abad, banyak Muslim yang mengadakan acara khusus untuk menghormatinya. Mereka umumnya melakukan perayaan dengan pembacaan puisi. Lama kelamaan hal ini menjadi biasa, hingga menurut sejarawan, kemungkinan besar inilah yang membuka jalan bagi perayaan Maulid.

2. Awal mula peringatan Maulid

50 Twibbon Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW

Sebagian besar sejarawan mencatat bahwa peringatan Maulid benar dimulai antara abad ke-10 dan ke-12 M, di bawah kekhalifahan Fatimiyah yang memerintah Afrika utara.

Comments