5 Pantangan Ibu Hamil Menurut Adat Sunda, Dilarang Membunuh Binatang hingga Keluyuran saat Magrib

Spots & Destinasi

Travel / Spots & Destinasi

5 Pantangan Ibu Hamil Menurut Adat Sunda, Dilarang Membunuh Binatang hingga Keluyuran saat Magrib

5 Pantangan Ibu Hamil Menurut Adat Sunda, Dilarang Membunuh Binatang hingga Keluyuran saat Magrib

KEPONEWS.COM - 5 Pantangan Ibu Hamil Menurut Adat Sunda, Dilarang Membunuh Binatang hingga Keluyuran saat Magrib INDONESIA merupakan negara yang kental akan budaya dan mitos yang dipegang masyarakatnya di bebrbagai daerah. Salah satunya ialah pantangan ibu hamil menurut tata cara Sunda yang masih berkembang hing...

INDONESIA merupakan negara yang kental akan budaya dan mitos yang dipegang masyarakatnya di bebrbagai daerah. Salah satunya ialah pantangan ibu hamil menurut tata cara Sunda yang masih berkembang hingga zaman modern saat ini.

Wanita yang tengah hamil tentu akan memerhatikan kesehatan janin dalam kandungannya.

Selain memerhatikan asupan gizi yang cukup, tak sedikit dari mereka yang masih mempercayai mitos-mitos pantangan yang berkembang demi keselamatan calon anak.

Ada banyak mitos yang berkembang di masyarakat, salah satunya masyarakat yang menganut tata cara Sunda.

Meski pantangan tersebut tidak bisa dijelaskan secara medis, namun bagi Kamu yang ingin tahu, tak ada salahnya sekadar mengetahui tujuh pantangan ibu hamil menurut istiadat Sunda berikut ini, seperti Okezone rangkum dari banyak sekali sumber;

1. Dilarang membunuh binatang

Ketika seorang istri tengah hamil, terdapat sebuah pantangan bagi suami untuk tidak membunuh hewan.

Bila pantangan ini dilanggar, banyak yang memercayai bila saat bayi lahir nanti wajahnya akan mirip dengan binatang yang dibunuh.

Infografis Janda

Meski hanya sebuah mitos, tapi ada baiknya Kamu tidak membunuh binatang kalau tidak menganggu. Karena binatang juga makhluk hidup yang harus tetap lestari.

2. Pantang keluyuran di waktu maghrib

Salah satu pantangan yang sering beredar merupakan ibu hamil dilarang keluar rumah saat maghrib. Konon ibu hamil mempunyai bau amis yang disukai para makhluk astral, sehingga jikalau ibu hamil keluar rumah saat maghrib bisa diikuti oleh makhluk astral dan dicelakai.

3. Suami dilarang memancing

Dalam istiadat Sunda, masyarakat mempercayai bila seorang suami yang istrinya tengah hamil tidak boleh pergi memancing.

Karena apabila dilanggar bisa menyebabkan dampak buruk bagi sang bayi, yaitu bayi akan terlahir cacat bibir sumbing.

Bila ditelisik dari dunia medis, kecacatan pada bayi bisa terjadi karena adanya faktor genetik dan kurangnya asupan gizi saat dalam kandungan. Bukan karena suami yang memancing ikan. Maka dari itu, ibu hamil sebaiknya memperhatikan asupan gizi.

Follow Gosip Okezone di Google News

Comments