5 Tips Merawat Kebaya, Ini Rahasianya supaya Awet Bertahun-tahun

Tips & Tricks

Fun / Tips & Tricks

5 Tips Merawat Kebaya, Ini Rahasianya supaya Awet Bertahun-tahun

5 Tips Merawat Kebaya, Ini Rahasianya supaya Awet Bertahun-tahun

KEPONEWS.COM - 5 Tips Merawat Kebaya, Ini Rahasianya supaya Awet Bertahun-tahun Saat ini, kebaya bukan lagi menjadi pakaian yang hanya bisa digunakan saat pernikahan atau acara-acara besar. Dengan mix and match yang tepat, mulai banyak anak muda yang mengenakan kebaya sebagai bus...

Saat ini, kebaya bukan lagi menjadi pakaian yang hanya bisa digunakan saat pernikahan atau acara-acara besar. Dengan mix and match yang tepat, mulai banyak anak muda yang mengenakan kebaya sebagai busana sehari-hari.

Meski begitu, untuk menjaga kecantikan kebaya, Kamu memang perlu usaha ekstra. Mulai dari cara mencuci, menyimpan, hingga penggunaan parfumnya, kebaya mempunyai aturannya sendiri.

Tips Merawat Kebaya supaya Awet

Ilustrasi kebaya (Unsplash/Abby AR)Ilustrasi kebaya (Unsplash/Abby AR)

Meski sedikit effort, banyak sekali tips merawat kebaya berikut akan membuat salah satu pakaian kesayangan Kamu tersebut bisa digunakan dalam jangka waktu panjang dengan tetap menjaga kualitas terbaiknya.

Ubah Hobi Jadi Cuan, Ini 5 Tips Memulai Usaha Tanaman Hias

1. Jangan terlalu sering dicuci

Bila kebaya tidak terlalu kotor, jangan mencucinya. Cukup kibas-kibaskan kebaya dan gantungkan supaya tertiup angin.

Terlalu sering mencuci kebaya dikhawatirkan dapat merusak payet yang menempel sehingga membuat kebaya cepat rusak.

2. Cuci pakai tangan

Supaya tetap awet, terutama jikalau kebaya Kamu dilengkapi dengan payet-payet, penting untuk mencucinya memakai tangan. Selain itu, hindari untuk mengucek kepaya terlalu kuat apalagi menyikatnya.

4 Hal yang Bisa Membuat Kita Kalah Bermain Mode Ranked di Mobile Legends

Hindari juga memakai deterjen dan pewangi secara berlebihan. Pilihlah sabun cuci yang memang diformulasikan khusus untuk kebaya. Kamu juga bisa mencoba menghilangkan noda dengan campuran jeruk nipis dan baking soda.

3. Lapisi kebaya saat menyetrika

Sama seperti mencuci, Kamu cukup menyetrika kebaya jikalau sudah benar-benar kusut saja, jangan terlalu kering. Saat menyetrika, pastikan panasnya tidak langsung menempel ke kebaya.

Oleh karena itu, lapisi kebaya dengan kain bersih sehingga tidak ada kontak langsung di sana. Paparan panas berlebih bisa merusak serat kain pada kebaya. Pastikan lapisan kain yang digunakan tidak luntur.

4. Jangan semprot parfum

Memakai parfum saat tampil dengan kebaya, tentu sah-sah saja dilakukan. Hanya saja, pastikan Kamu tidak menyemprotkan parfum langsung ke kebaya, melainkan kulit tubuh Kamu.

Beberapa kandungan kimia pada parfum dikhawatirkan dapat merusak warna kebaya dan meninggalkan bercak di sana.

5. Simpan dengan benar

Gunakan hanger saat menyimpan kebaya sehingga Kamu tidak perlu repot-repot melipatnya. Selain lebih efektif, tips ini juga akan merawat serat pada kebaya.

Selain itu, simpanlah kebaya di tempat yang benar-benar kering. Soal ini, Kamu sebenarnya bisa memakai kamper atau kapur baru. Namun karena kedua benda tersebut mengandung bahan kimia, Kamu bisa menggantinya dengan silica gel.

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri

Comments