6 Fakta Biksu Thailand Berusia 109 Tahun yang Viral di TikTok Sebelum Meninggal pada Maret 2023

Trending

Fun / Trending

6 Fakta Biksu Thailand Berusia 109 Tahun yang Viral di TikTok Sebelum Meninggal pada Maret 2023

6 Fakta Biksu Thailand Berusia 109 Tahun yang Viral di TikTok Sebelum Meninggal pada Maret 2023

KEPONEWS.COM - 6 Fakta Biksu Thailand Berusia 109 Tahun yang Viral di TikTok Sebelum Meninggal pada Maret 2023 EtIndonesia. Pernahkah Kamu memikirkan perjalanan liar menuju penuaan, kisah-kisah yang terukir di setiap kerutan dan uban di tubuh Kamu? Atau mungkin, Kamu bahkan bertanya-tanya bagaimana penampilan...

EtIndonesia. Pernahkah Kamu memikirkan perjalanan liar menuju penuaan, kisah-kisah yang terukir di setiap kerutan dan uban di tubuh Kamu? Atau mungkin, Kamu bahkan bertanya-tanya bagaimana penampilan Kamu di ranjang kematian Kamu? Bukan berarti semuanya mengerikan di sini, tapi yang pasti kita berbicara perihal kematian dan penuaan dalam cerita yang akan Kamu baca ini

Kita berbicara wacana sensasi TikTok viral yang menampilkan seorang pria tua berjubah oranye yang telah memikat hati jutaan orang, namun hal ini juga memicu diskusi yang menarik dan, terkadang, rumor yang tidak berdasar.

Terus gulir untuk membaca wacana Luang Pho Yai, seorang biksu Thailand yang meninggal sebelum mencapai ulang tahunnya yang ke-110 tahun ini.

Saat cucunya mulai menyebarkan sekilas perihal kehidupannya

Luang Pho Yai, biksu Buddha berusia 109 tahun asal Thailand, menjadi sensasi internasional berkat kehadirannya di TikTok. Mengenakan jubah biksu tradisional berwarna oranye, video Luang Pho Yai menarik perhatian pemirsa di seluruh dunia. Perjalanannya menjadi pusat perhatian dimulai ketika cucunya, Auy Auyaray, mulai membuatkan sekilas kehidupannya di akun TikTok @aui.saranya_kh miliknya.

Semuanya bermula ketika salah satu video memperoleh 132,3 juta penayangan yang mengejutkan @aui.saranya_kh

18/03/65 4

Name's Auyary KH ( )

Auy Auyaray, cucu perempuan biksu yang setia, mendokumentasikan video kehidupannya di rumah sakit setelah kakeknya menderita cedera pinggul pada bulan Januari. Melalui pembaruan TikToknya, pemirsa menyaksikan kesehatan Luang Pho Yai tampak membaik, sehingga menarik jutaan penayangan. Sebuah video yang menyentuh, menampilkan biksu tersebut berinteraksi dengan cicit perempuannya, ditonton sebanyak 132,3 juta kali dan mendapat 8,4 juta suka.

Tragisnya, Luang Pho Yai meninggal dunia pada tanggal 22 Maret 2023 dan Auy Auyaray membagikan video pedih yang menampilkan gambar peringatan dan upacara pemakaman.

Penggambaran online Auyaray wacana kakeknya mendapat tanggapan beragam, beberapa di antaranya mengkritiknya karena menceritakan momen-momen rentan kakeknya, sementara yang lain memberikan dukungan tulus.

Rumor mengatakan bahwa dia merupakan seorang wanita berusia 399 tahun! @aui.saranya_kh # # # @ ( )

Ketika video TikTok Luang Pho Yai menjadi viral, rumor internet pun mengakar, mengklaim bahwa dia ialah pria berusia 163 tahun yang luar biasa. Beberapa pembuat konten internet memanfaatkan kesempatan ini, membagikan ulang video Auyaray tanpa persetujuannya, menyebarkan isu palsu, berita yang salah dengan judul dan musik yang sensasional untuk diklik dan ditonton dengan cepat.

Misalnya, saluran YouTube bernama ZyKai media mem-posting ulang salah satu videonya dengan judul yang menyatakan bahwa biksu tersebut ialah orang tertua di dunia pada usia 163 tahun.

Spekulasi semacam itu terus menyebar di platform seperti TikTok, bahkan ada satu akun yang secara aneh menyatakan bahwa dia sebenarnya ialah seorang wanita berusia 399 tahun (tidak ada catatan manusia yang hidup selama itu).

Netizen meninggalkan lelucon yang kejam dan tidak berperasaan di bagian komentar

Meski banyak yang mengagumi Luang Pho Yai, sisi gelap internet tidak bisa menahan diri untuk melontarkan lelucon yang tidak berperasaan perihal usia dan kondisinya. Pengguna daring dengan bercanda memanggilnya kawan dan dengan bercanda menyatakan bahwa dia telah hidup lebih lama dari dinosaurus.

Komentar kejam ini menunjukkan kurangnya empati terhadap situasi biksu tua tersebut.

Banyaknya komentar di @aui.saranya_kh TikToks bisa jadi turut berkontribusi terhadap popularitasnya. Menurut TikTok, semakin banyak suka dan komentar yang diterima suatu video, semakin besar kemungkinan video tersebut muncul di feed pengguna lain.

Apakah Yai mengejar Sokushinbutsu?

Penampilan lemah Luang Pho Yai memicu spekulasi apakah ia menjalani sokushinbutsu, sebuah praktik Buddhis unik di Jepang di mana seseorang membuat mumi dirinya sendiri saat masih hidup. Namun, penting untuk diklarifikasi bahwa dia tidak mengambil bagian dalam proses ini.

Auy Auyaray, cucunya, meminta rasa hormat dan empati dari pihak-pihak yang salah menafsirkan situasi dan melontarkan lelucon yang merugikan dirinya.

Perjalanan Luang Pho Yai dari rumah sakit hingga menjadi bintang internet ialah sebuah perjalanan yang unik.

Selagi kita mengingat biksu luar biasa ini, janganlah kita melupakan pentingnya memperlakukan individu, terutama orang lanjut usia, dengan kebaikan dan rasa hormat, baik secara online maupun offline.

Kami memberikan belasungkawa yang tulus kepada keluarga mendiang Luang Pho Yai. (yn)

Sumber: worldofbuzz

11

Comments