6 Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan, Termasuk Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

Lifestyle & Fashion

Life & Style / Lifestyle & Fashion

6 Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan, Termasuk Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

6 Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan, Termasuk Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

KEPONEWS.COM - 6 Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan, Termasuk Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker Tidak hanya daging buahnya yang nikmat untuk disantap, daun sirsak rupanya juga mempunyai beragam manfaat bagi kesehatan tubuh. Apa saja manfaat daun sirsak yang mungkin masih jarang diketahui? Meng...

Tidak hanya daging buahnya yang nikmat untuk disantap, daun sirsak rupanya juga mempunyai beragam manfaat bagi kesehatan tubuh. Apa saja manfaat daun sirsak yang mungkin masih jarang diketahui?

Mengingat beragam khasiat daun sirsak, tak heran kalau sampai saat ini, daun buah sirsak kerap dijadikan sebagai pilihan pengobatan secara alami. Dengan kandungan antioksidan yang tinggi, daun sirsak bisa menangkal radikal bebas sampai mencegah penyebaran sel kanker dalam tubuh.

Dilansir dari Healthline serta Stylecraze, berikut beberapa manfaat daun sirsak untuk kesehatan.

Penangkal radikal bebas

Menakjubkan! Ini 9 Manfaat Kunyit untuk Kesehatan Tubuh yang Harus Diketahui

Daun buah sirsak (Pixabay/alidaferreira1985)Daun buah sirsak (Pixabay/alidaferreira1985)

Beragam kandungan antioksidan pada daun sirsak mulai dari luteolin, tangerine, dan quercetin, mempunyai manfaat sebagai penangkal radikal bebas bagi tubuh.

Adanya radikal bebas dalam tubuh dapat meningkatkan risiko kerusakan sel hingga memicu timbulnya beragam penyakit, mulai dari jantung, diabetes, sampai kanker.

Meringankan insomnia

Kesulitan tidur di malam hari, dapat berdampak buruk untuk kesehatan jangka panjang maupun aktivitas di hari selanjutnya.

Dengan mengkonsumsi daun sirsak, otot-otot yang semula tegang dapat menjadi lebih rileks karena daun sirsak berfungsi sebagai penenang.

7 Manfaat Air Hangat, Mencegah Banyak sekali Penyakit hingga Mengatasi Sembelit

Pengontrol gula darah

Salah satu pengobatan alami bagi penderita diabetes ialah daun sirsak. Banyak sekali penelitian telah membuktikan bahwa mengkonsumsi ekstrak daun sirsak secara teratur dapat menjaga kestabilan kadar gula darah dalam tubuh.

Meningkatkan Kesehatan mulut

Sifat bakterisidal serta fungisidal pada daun sirsak dipercaya bisa menghambat pertumbuhan Candida albicans, Streptococcus mitis, dan Porphyromonas gingivalis pada area mulut.

Bakteri-bakteri tersebut dapat dilawan dengan mengonsumsi ekstrak daun sirsak secara teratur.

Menghambat pertumbuhan sel kanker

Kandungan acetogenin pada daun sirsak dipercaya bisa menghambat pertumbuhan beragam sel kanker seperti kanker prostat, paru-paru, payudara, dan beberapa jenis sel kanker lain.

Tidak hanya sel kanker, acetogenin juga diketahui bisa menghambat perkembangan sel tumor yang resisten terhadap Adriamycin, salah satu jenis obat untuk kemoterapi.

Meredakan peradangan

Peradangan merupakan respons imunal dalam tubuh yang terjadi karena cedera. Namun seiring berkembangnya studi kasus, peradangan juga dapat berkontribusi pada beragam penyakit.

Meski masih dalam penelitian terbatas, daun sirsak diketahui ampuh untuk mengobati beberapa jenis peradangan, seperti radang sendi. Namun tentu saja untuk pembuktian, masih diharapkan penelitian secara lebih lanjut soal manfaat daun sirsak ini.

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri

Comments