7 Jenis buah yang baik dikonsumsi selama Ramadan, bikin fit seharian

Kepo Stories

Ragam / Kepo Stories

7 Jenis buah yang baik dikonsumsi selama Ramadan, bikin fit seharian

7 Jenis buah yang baik dikonsumsi selama Ramadan, bikin fit seharian

KEPONEWS.COM - 7 Jenis buah yang baik dikonsumsi selama Ramadan, bikin fit seharian Memasuki bulan suci Ramadan biasanya banyak yang mengeluhkan kondisi badan yang menjadi kurang fit. Salah satu masalah yang kerap muncul dan dikeluhkan banyak orang ialah kurangnya serat yang membuat...

Memasuki bulan suci Ramadan biasanya banyak yang mengeluhkan kondisi badan yang menjadi kurang fit. Salah satu masalah yang kerap muncul dan dikeluhkan banyak orang ialah kurangnya serat yang membuat sistem pencernaan tidak lancar selama bulan puasa.

Pada umumnya hal ini diakibatkan oleh kurangnya menjaga asupan makanan bernutrisi yang dikonsumsi selama bulan puasa. Kebanyakan orang akan menyantap makanan apa saja yang tersedia di depannya karena merasa sudah berpuasa selama seharian.

Nah agar kondisi badan tetap bugar dan terjaga kesehatannya, ada baiknya untuk selalu menjaga asupan makanan kaya serat dan vitamin, seperti dengan mengonsumsi buah-buahan. Selain sehat, kamu juga bakal lebih bersemangat melakukan aktivitas sehari-hari meski tengah berpuasa.

Lalu apa sajakah jenis buah yang baik dikonsumsi selama Ramadan? Berikut 7 jenis buah yang dianjurkan untuk dikonsumsi saat sahur dan berbuka puasa seperti dilansir dari pergikuliner.com, Kamis (17/5).

1. Kurma.

Buah yang berasal dari Timur Tengah ini memang sangat identik dengan bulan suci Ramadan. Rasanya kurang lengkap kalau buah ini tidak hadir selama bulan puasa. Kandungan glukosa yang tinggi dalam kurma menjadi salah satu alasan mengapa buah ini direkomendasikan sebagai menu berbuka puasa. Pasalnya kandungan gula dalam kurma berkisar antara 75 - 87% dari keseluruhan kandungan yang terdapat di dalamnya. Sekitar 55% gula dalam kurma berbentuk glukosa dan 45% berbentuk fruktosa. Hal ini baik untuk mengembalikan energi yang hilang pada tubuh setelah seharian berpuasa.


2. Alpukat.

Ternyata buah yang sering ada dalam campuran es campur dan es teler ini baik bagi kesehatan tubuh selama di bulan puasa lho. Dengan mengonsumsi alpukat saat bulan puasa bisa menurunkan kolesterol dan juga menurunkan berat badan. Alpukat juga berfungsi untuk menyerap nutrisi yang dihasilkan untuk tubuh. Tidak hanya itu, alpukat juga mengandung zat besi, vitamin B, lemak serta minyak yang bisa menjadi sumber energi bila dikonsumsi saat sahur.


3. Apel.

Buah berwarna merah ini dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah serta mengatasi masalah nafsu makan yang terlalu besar saat berbuka puasa. Apel kaya akan kandungan vitamin A, B dan C yang dibutuhkan untuk menyeimbangkan nutrisi pada tubuh. Selain itu, mengonsumsi apel saat sahur dapat membuat kamu merasa kenyang lebih lama.


4. Pepaya.

Buah pepaya memang terkenal sebagai buah yang baik untuk sistem pencernaan. Hal ini karena pepaya banyak mengandung vitamin C dan pro-vitamin A yang bisa membantu memecah serat makanan dalam sistem pencernaan sehingga saluran pencernaan makanan tetap lancar saat berpuasa. Selain itu, pepaya juga bisa mengurangi rasa mual saat pertama kali berbuka puasa.


5. Kelapa.

Kandungan isotonik yang terdapat dalam air kelapa berguna untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang serta mencegah dehidrasi. Tidak hanya itu, air kelapa juga bisa mengobati perih lambung yang akan terjadi meningkatnya asam lambung saat berpuasa. Air kelapa juga bisa menurunkan kadar kolesterol, maka dari itu ada baiknya bagi penderita darah tinggi dan diabetes untuk meminum air kelapa saat berbuka puasa karena dapat bermanfaat untuk mengontrol kadar gula dalam darah.


6. Blewah.

Bukan tanpa alasan buah blewah sering dijadikan sajian untuk berbuka puasa karena rasa manis pada buah ini mempunyai fungsi absorpsi yang akan membantu dalam penyerapan bila kamu makan secara tergesa-gesa sehingga makanan tidak terkunyah dengan baik. Selain itu, mengonsumsi blewah juga bisa membantu menyerap zat-zat yang tidak diharapkan dari makanan berbumbu, endapan obat-obatan bahkan mengatasi rasa mual yang akan terjadi asam lambung. Blewah juga memiliki banyak kandungan vitamin A.


7. Pisang.

Tidak berbeda jauh dengan pisang dan kelapa, pisang juga mengandung vitamin A, B1, B2 dan C yang dapat meredakan asam lambung. Buah berwarna kuning ini pun bisa membantu menjaga keseimbangan air dalam tubuh. Daging buah pisang yang lembut dapat melapisi dinding lambung sehingga sangat cocok untuk dikonsumsi bagi para penderita maag yang berpuasa.

(lin)

7 Jenis buah yang baik dikonsumsi selama Ramadan, bikin fit seharian

Comments