Al-Shabaab Serbu Hotel di Mogadishu, Tempat Tinggal Para Pejabat Somalia

Internasional

News / Internasional

Al-Shabaab Serbu Hotel di Mogadishu, Tempat Tinggal Para Pejabat Somalia

Al-Shabaab Serbu Hotel di Mogadishu, Tempat Tinggal Para Pejabat Somalia

KEPONEWS.COM - Al-Shabaab Serbu Hotel di Mogadishu, Tempat Tinggal Para Pejabat Somalia MOGADISHU Sekelompok anggota al-Shabaab menyerang sebuah hotel di dekat istana presiden di ibu kota Somalia, Mogadishu. Penyerang menyerbu Hotel Villa Rose yang dihuni para pejabat pemerintah Somalia...

MOGADISHU Sekelompok anggota al-Shabaab menyerang sebuah hotel di dekat istana presiden di ibu kota Somalia, Mogadishu.

Penyerang menyerbu Hotel Villa Rose yang dihuni para pejabat pemerintah Somalia, Minggu (27/11/2022).

Menteri Keamanan Somalia Mohamed Ahmed Doodishe yang ada di hotel itu dilaporkan terluka karena serangan tersebut.

Klaim kelompok teroris itu mengatakan, pejuang mereka menyerang istana kepresidenan dan bertempur di dalamnya.

"Sebuah tim pejuang Al-Shabaab menyerang sebuah hotel komersial di distrik Bondhere malam ini (dan) pasukan keamanan terlibat dalam upaya untuk melenyapkan mereka," kata juru bicara kepolisian nasional Sadik Dudishe dalam pernyataan yang diterbitkan The Peninsula.

Dudishe menambahkan pihak berwenang menyelamatkan pejabat dan warga sipil dari hotel. Villa Rose dilaporkan merupakan tempat yang populer bagi anggota parlemen.

Bom di Somalia: Al-Shabaab Sengaja Targetkan Kementerian Pendidikan, 120 Orang Tewas dan 320 Terluka

Serangan AS Tewaskan Pemimpin Militan Al Shabaab di Somalia

Trump Perintahkan Sebagian Besar Pasukan Amerika Tinggalkan Somalia

Ini ialah serangan kedua terhadap hotel di Mogadishu dalam beberapa bulan terakhir. Pada bulan Agustus, militan menyerbu Hotel Hayat. Sepuluh orang tewas dalam serangan itu.

Media Al Jazeera di pemberitaannya menyatakan tidak dapat secara independen memverifikasi klaim serangan tersebut jenis serangan bunuh diri.

Hanya menurut seorang perwira polisi Somalia, para penyerang menyerbu Hotel Villa Rose, memakai bahan peledak dan senjata.

Menteri Negara Lingkungan Hidup, Adam Aw Hirsi, yang berada di hotel itu menulis di Twitter dia aman setelah terjadi ledakan di tempat ia menginap.

"Kami terguncang ledakan besar, diikuti baku tembak yang hebat," kata Ahmed Abdullahi, yang tinggal di dekat lokasi ledakan.

"Kami hanya di dalam ruangan dan mendengarkan suara tembakan," lanjutnya.

Serangan itu terjadi ketika al-Shabaab telah mengintensifkan serangannya di Somalia, dengan sedikitnya 100 orang tewas dalam pemboman mobil kembar di ibukota Somalia pada 30 Oktober.

Presiden Somalia Hassan Sheikh Mohammud mengecam serangan kelompok Al-Shabaab itu. Sedikitnya 21 orang tewas pada Agustus ketika al-Shabab menyerang hotel lain di Mogadishu.

Petugas keamanan berpatroli di dekat lokasi ledakan di Mogadishu pada 20 Agustus 2022. - Sedikitnya delapan warga sipil tewas dalam serangan militan Islam di sebuah hotel populer di ibukota Somalia, kata seorang pejabat, saat pasukan keamanan terus memerangi orang-orang bersenjata. dibarikade di dalam. (Photo by Hassan Ali ELMI / AFP)Petugas keamanan berpatroli di dekat lokasi ledakan di Mogadishu pada 20 Agustus 2022. - Sedikitnya delapan warga sipil tewas dalam serangan militan Islam di sebuah hotel populer di ibukota Somalia, kata seorang pejabat, saat pasukan keamanan terus memerangi orang-orang bersenjata. dibarikade di dalam. (Photo by Hassan Ali ELMI / AFP) (AFP/HASSAN ALI ELMI)

Comments