Alam Semesta Sangat Luas, Apakah Ada Makhluk yang Ratusan Juta Kali Lebih Besar dari Manusia? Seharusnya Ada Batasan Ukuran Makhluk

Unik

Ragam / Unik

Alam Semesta Sangat Luas, Apakah Ada Makhluk yang Ratusan Juta Kali Lebih Besar dari Manusia? Seharusnya Ada Batasan Ukuran Makhluk

Alam Semesta Sangat Luas, Apakah Ada Makhluk yang Ratusan Juta Kali Lebih Besar dari Manusia? Seharusnya Ada Batasan Ukuran Makhluk

KEPONEWS.COM - Alam Semesta Sangat Luas, Apakah Ada Makhluk yang Ratusan Juta Kali Lebih Besar dari Manusia? Seharusnya Ada Batasan Ukuran Makhluk Makhluk merupakan hal yang paling indah dan menarik di dunia, dan bentuk aneh serta taktik bertahan hidup mereka yang unik semuanya menarik. Di antara bentuk kehidupan yang diketahui, ada yang sangat...

Makhluk merupakan hal yang paling indah dan menarik di dunia, dan bentuk aneh serta taktik bertahan hidup mereka yang unik semuanya menarik.

Di antara bentuk kehidupan yang diketahui, ada yang sangat besar, seperti paus biru dengan panjang tubuh lebih dari 30 meter; ada juga yang sangat kecil, seperti bakteri dan virus, yang ukurannya sangat kecil sehingga kita tidak dapat melihatnya secara langsung dengan mata telanjang.

Dalam hal ukuran, manusia setidaknya satu triliun kali lebih besar dari bakteri, dan virus lebih kecil dari bakteri, biasanya kurang dari satu persen bakteri. Di antara bentuk kehidupan yang diketahui, manusia tidak terlalu kecil, dan terkadang kita membayangkan bahwa ada makhluk yang sangat besar di alam semesta, dan kita seperti manusia dan bakteri dibandingkan dengan mereka.

Gagasan semacam ini liar, tetapi tampaknya ada kemungkinan tertentu, bagaimanapun, alam semesta terlalu besar. Jadi, apakah akan ada makhluk yang ratusan juta kali lebih besar dari manusia di wilayah alam semesta yang tidak diketahui ini?

Alam semesta sangat besar, dan jari-jari alam semesta teramati saja mencapai 46,5 miliar tahun cahaya, jadi dari perspektif ukuran ruang, memang mungkin ada makhluk raksasa.

Namun, tidak cukup hanya mempertimbangkan ukuran ruang, dan lebih penting untuk memikirkan masalah ini dari perspektif hukum alam semesta. Kalau ukuran manusia diperbesar 100 juta kali dalam proporsi yang sama, maka ukuran makhluk ini pada dasarnya setara dengan ukuran planet gas, seperti Saturnus, Uranus atau Neptunus.

Di mana makhluk sebesar itu akan tinggal? Berkeliaran di alam semesta? Kuta tidak tau. Alam semesta kosong dan dingin, dan tidak ada bentuk kehidupan yang diketahui dapat bertahan hidup di luar angkasa. Mungkin Kamu akan berpikir perihal beruang air, memang vitalitas makhluk ini sangat ulet.

Beruang air dapat mentolerir lingkungan suhu ekstrem mulai dari 151 C hingga -272 C. Bahkan bila mereka terpapar lingkungan ruang angkasa anoksik dan radiasi tinggi, sulit untuk kembali ke barat, tetapi semua ini bersyarat.

Beruang air akan mengalami dehidrasi dan memasuki keadaan kriptogenik di lingkungan yang keras. Meski begitu, tidak mungkin untuk tetap berada di lingkungan kosmik yang ekstrem sepanjang waktu, dan mereka akan mati seiring waktu. Mengapa makhluk hidup tidak bisa hidup bebas di alam semesta? Inilah yang terjadi di lingkungan yang tidak masuk ke alam semesta terlebih dahulu, pertama-tama makhluk hidup perlu bernafas.

Baik organisme anaerobik maupun organisme aerob membutuhkan respirasi, karena esensi respirasi ialah reaksi biokimia. Selama proses ini, sel dapat memperoleh energi yang diharapkan untuk aktivitas. Tentu saja, respirasi tidak selalu bergantung pada oksigen, tetapi di alam semesta tidak ada oksigen, hampir tidak ada, tidak ada cara untuk bernafas, bagaimana makhluk hidup mendapatkan energi?

Kalau makhluk raksasa hipotetis ini tidak dapat berkeliaran langsung di alam semesta, maka dia harus hidup di planet tertentu, tetapi apakah akan ada planet sebesar itu di alam semesta?

Memang ada benda angkasa yang sangat besar di alam semesta, tetapi masalahnya ialah bahwa begitu massa benda angkasa mencapai tingkat tertentu, tekanan di dalamnya akan memicu fusi nuklir hidrogen, sehingga menjadi bintang, dalam api yang menyala-nyala.

Kehidupan di dalam bintang merupakan di luar pemahaman kita perihal kehidupan. Selain itu, kita tahu bahwa benda apa pun yang bermassa mempunyai efek gravitasi timbal balik, jadi semakin besar makhluk, semakin kewalahan, misalnya paus biru seberat 180 ton, jikalau hidup di darat pasti akan hancur, mati dengan beratnya sendiri. Hanya dengan bantuan daya apung air laut ia dapat bersaing dengan gaya gravitasi.

Oleh karena itu, secara teori, semakin besar makhluk, semakin kecil planet tempat tinggalnya, karena hanya dengan cara ini, gravitasi tidak akan menguasainya. Sebaliknya, semakin besar massa planet, semakin kecil ukuran makhluk hidup di atasnya.

Ini membentuk paradoks. Kalau planetnya terlalu besar, makhluk raksasa itu akan kewalahan dengan beratnya sendiri. Kalau planet itu terlalu kecil, tidak ada cukup ruang untuk menampung tubuhnya sendiri, jadi makhluk raksasa imajiner semacam ini ialah benar-benar tidak berguna di alam semesta.

Sekarang, mari kita abaikan semua pertanyaan ini, dengan asumsi bahwa ada planet yang sangat besar di alam semesta, dan tubuh makhluk semacam ini terbuat dari tubuh yang benar-benar kaku dan tidak akan dihancurkan oleh gravitasi, lalu bisakah itu ada? Masih sulit.

Alam semesta sangat besar dan penuh keajaiban, dan makhluk dapat muncul dengan cara apa pun yang tidak dapat kita bayangkan, tetapi satu hal yang tidak dapat diatasi, dan itu ialah perolehan energi.

Setiap gerakan membutuhkan energi, sekecil atom, sebesar benda angkasa kosmik, sehingga setiap makhluk perlu terus menerus memperoleh energi untuk mempertahankan operasi normalnya, dan energi yang dibutuhkan oleh makhluk raksasa juga sangat besar.

Bila hanya ada satu makhluk seperti itu, baik untuk mengatakan bahwa bila ada ribuan dari mereka, maka kecepatan hilangnya galaksi di alam semesta harus terlihat dengan mata telanjang. Singkatnya, ukuran makhluk di alam semesta harus dibatasi, dan batas ini ditentukan oleh hukum dasar alam semesta, sehingga kemungkinan keberadaan makhluk raksasa dalam fantasi sangat rendah. Namun, semuanya tidak meyakinkan, bagaimanapun, kita hanya tahu sedikit wacana alam semesta. (lidya/yn)

Sumber: coolsaid

Comments