Alami Tumor Payudara Saat SMA, Andien Ungkap Penyebabnya: Mi Instan, Nugget, dan Sosis

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Alami Tumor Payudara Saat SMA, Andien Ungkap Penyebabnya: Mi Instan, Nugget, dan Sosis

Alami Tumor Payudara Saat SMA, Andien Ungkap Penyebabnya: Mi Instan, Nugget, dan Sosis

KEPONEWS.COM - Alami Tumor Payudara Saat SMA, Andien Ungkap Penyebabnya: Mi Instan, Nugget, dan Sosis Penyanyi Andien Aisyah ungkap pernah mempunyai tumor payudara saat masih SMA. Apa penyebabnya ya?...

Penyanyi Andien Aisyah ungkap pernah mempunyai tumor payudara saat masih SMA. Apa penyebabnya ya?

Andien diketahui termasuk salah satu publik figur yang aktif jalani gaya hidup sehat. Lewat akun sosmed pribadinya, ibu dua anak itu kerap membagikan rutinas olahraganya juga makanan sehat yang ia dan keluarha konsumsi.

Meski begitu, saat masih sekolah dulu, Andien mengaku ia juga sama seperti kebanyakan murid lain yang sering membawa bekal berupa makanan instan. Tetapi, ia memutuskan untuk mulai perbaiki pola makannya semenjak kelas 2 SMA saat didiagnosis mengidap tumor payudara.

Andien Aisyah. (Instagram/andienaisyah)Andien Aisyah. (Instagram/andienaisyah)

"Dulu banget waktu kelas 2 SMA aku kena tumor payudara . Kaget banget karena menurut ku gaya hidup aku ormal aja. Tapi, yang aku yakini normal ternyata itu sebenarnya dinormalisasi. Misalnya, bawa bekal ke sekolah mi instan, sosis, nugget. Terus misalnya makan rekreasional cukup sering makanan cepat saji," cerita Andien kepada awak media di Jakarta beberapa waktu lalu.

Sampaikan Sedih Atas Tragedi Kanjuruhan, Andien Aisyah: Habis Kata-kata

Kebiasaan konsumsi makanan instan dan cepat saji itu dilakukannya semenjak SD hingga akhirnya terdiagnosis tumor payudara saat pertengahan SMA. Menurut dokter yang menanganinya saat itu, kebiasaan makan tidak sehat tersebut jadi salah satu pemicu tumor bisa terjadi.

"Menurut dokter, kemungkinan salah satunya karena itu. Makanya, mulai itu aku mau makan lebih sehat. Mama ku juga jafi mau lebih mindfull, coba makan di rumah kaya sayur asem, tempe dan lain-lain," ungkapnya.

Setelah berhasil dinyatakan sembuh dari tumor dan beranjak dewasa, Andien masih kerap alami masalah kesehatan. Ia merasa sistem imunnya cukup buruk lantaran pernah sakit demam tipus hingga lima kali dalam satu tahun.

"Pernah juga nyanyi 10 lagu di panggung masih oke, tapi waktu itu baru dua lagu aja rasanya udah gak oke lagi. Jadinya ubah pola hidup, bukan cuma dari pola makan tapi juga olahraga dan tidur," kata Andien.

Kebiasaan makan sehat itu akhirnya menjadi kebiasaan hingga kini usianya 37 tahun. Terutama saat ia tengah hamil. Andien menyadari bahwa bila dirinya sehat, ia pun akan melahirkan anak-anak yang juga sehat.

Bakal Dibintangi Kim Yoo Jung dan Ryu Seung Ryong, Intip 5 Fakta Chicken Nugget

"Jadi tercipta lah pola hidup sehari-hari. Tapi yang penting sebenarnya mengenal diri sendiri, seperti apa kebutuhannya, yang kita perlu, kita mau. Karena kadang apa yang badan kita mau beda dengan yang pikiran kita mau," tuturnya.

Comments