Anak Sakit Tapi Tak Boleh Minum Obat Sirup, Ini Tips Pertolongan Pertama dari Irish Bella

Tips & Tricks

Fun / Tips & Tricks

Anak Sakit Tapi Tak Boleh Minum Obat Sirup, Ini Tips Pertolongan Pertama dari Irish Bella

Anak Sakit Tapi Tak Boleh Minum Obat Sirup, Ini Tips Pertolongan Pertama dari Irish Bella

KEPONEWS.COM - Anak Sakit Tapi Tak Boleh Minum Obat Sirup, Ini Tips Pertolongan Pertama dari Irish Bella Sama seperti perasaan kebanyakan orangtua, Irish Bella juga mengaku panik dengan penarikan obat sirup karena gagal ginjal akut anak, dan akhirnya pilih menjadikan essential oil atau minyak esensial se...

Sama seperti perasaan kebanyakan orangtua, Irish Bella juga mengaku panik dengan penarikan obat sirup karena gagal ginjal akut anak, dan akhirnya pilih menjadikan essential oil atau minyak esensial sebagai pertolongan pertama anak sakit.

Istri Ammar Zoni itu mengungkap saat heboh pemerintah larang konsumsi obat sirup, anaknya sedang demam dan ia kebingungan memberikan obat untuk anaknya.

"Aku sangat panik banget, karena seluruh obat tetiba diberhentikan apalagi berbentuk sirup, dan aku panik karena saat itu udah mempunyai dua anak. Dan anak aku yang besar lagi demam-demamnya, lagi sakit-sakitnya dan menurut aku itu juga esensial oil, produk organik pertolongan pertama," ujar Irish dalam acara Cessa Natural Essential Oil for Baby and Kids di IMBEX BAZAAR, JCC, Jakarta Selatan, Jumat (2/12/2022).

Aktris Irish Bella. (Dini/Suara.com)Aktris Irish Bella. (Dini/Suara.com)

Menurut ibu dua anak itu, dengan adanya minyak esensial mengandung herbal dan kandungan disesuaikan kondisi anak, maka ia tidak perlu lagi langsung memberikan obat saat anak sakit.

Boleh Ditiru Nih Moms, Cara Zaskia Adya Mecca Tangani Anak Sakit Saat Obat Sirup Dilarang Kemenkes

Ini karena ia mendapat berita, kalau bayi punya sistem kekebalan tubuh yang bisa kekuatan untuk penyakit, sehingga jikalau bayi sakit langsung diberi obat bakal jadi bumerang bagi kesehatan anak tersebut.

"Jadi kalau anak kita itu ada gejala sedikit aja, jangan selalu kasih obat, karena begitu kita kasih obat kekebalan tubuh anak kita itu akan memburuk. Nanti bukannya nanti kuat imunnya, kebalnya bukan kebal penyakit tapi atas obat-obatan, justru nanti akan mudah sakit," paparnya.

Irish Bella juga menerangkan, efek samping obat untuk anak perlu mendapat perhatian, seperti membuat ginjal dan hati atau liver bekerja lebih keras, hingga risiko resisten antibiotik bila anak konsumsi antibiotik tanpa resep dokter.

"Sedangkan anak kecil imunnya udah kuat dia bisa menyembuhkan dirinya sendiri, Tapi dengan obat dia lebih cepat tapi efek sampingnya itu yang perlu diperhatikan," tutupnya.

Sekedar berita, beberapa waktu lalu Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melarang penggunaan obat sirup karena berlebihan tercemar etilen glikol dan dietilen glikol, penyebab gagal ginjal akut pada anak.

Akhirnya Terjawab! Alasan BPOM Sempat Beri Izin Edar Obat Sirup Tercemar Penyebab Gagal Ginjal Akut

Comments