Apa yang Dirayakan Rusia dalam Parade Kemenangan?

Internasional

News / Internasional

Apa yang Dirayakan Rusia dalam Parade Kemenangan?

Apa yang Dirayakan Rusia dalam Parade Kemenangan?

KEPONEWS.COM - Apa yang Dirayakan Rusia dalam Parade Kemenangan? Apa yang Dirayakan Rusia dalam Parade Kemenangan?Iring-iringan serdadu dan senjata berat melintasi Lapangan Merah pada Senin (9/5), ketika Rusia merayakan Hari Kemenangan, atas Nazi Jerman, pada 1945....
Apa yang Dirayakan Rusia dalam Parade Kemenangan?

Iring-iringan serdadu dan senjata berat melintasi Lapangan Merah pada Senin (9/5), ketika Rusia merayakan Hari Kemenangan, atas Nazi Jerman, pada 1945. Bumi ikut bergetar, ketika tank tempur, kendaraan lapis baja dan truk-truk yang membopong peluru kendali antarbenua, merayap pelan di jantung kota Moskow itu.

Biasanya, parade Hari Kemenangan menjadi kesempatan bagi keluarga untuk memajang foto anggotanya yang meninggal dunia di medan Perang Dunia II. Namun kali ini, seorang pejabat Rusia mengusulkan agar pengunjung parade membawa foto serdadu yang sedang berperang di Ukraina.

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, sempat mewanti-wanti peringatan tersebut akan didahului eskalasi serangan oleh Rusia yang butuh mengumumkan kemenangan setelah 11 pekan menginvasi Ukraina.

"Mereka tidak punya apapun untuk dirayakan, kata Linda Thomas-Greenfield, Duta Besar AS untuk PBB. "Mereka gagal mengalahkan Ukraina. Mereka gagal membelah dunia atau memecah NATO. Dan mereka hanya berhasil mengisolasi diri, imbuhnya dalam wawancara dengan stasiun televisi, CNN.

Sejumlah pengamat mengkhawatirkan perayaan Hari Kemenangan akan digunakan Presiden Vladimir Putin untuk mendeklarasikan "operasi khusus di Ukraina sebagai perang terbuka. Dampaknya, jutaan warga akan dikenakan wajib militer dan berpeluang dikirimkan untuk berperang di Ukraina.

Perlawanan terakhir di Azovstal

Pertempuran masih berkecamuk di banyak sekali kota di timur Ukraina. Tapi pengepungan Mariupol merupakan harapan terbesar bagi Rusia untuk membukukan keberhasilan di Hari Kemenangan, Senin (9/5).

"Kami mengalami pengeboman tanpa henti, kata Kapten Sviatoslav Palamar, Wakil Komandan Resimen Azov.

Rusia sejauh ini telah menguasai pusat kota, ketika pasukan Ukraina masih bercokol di kompleks industri, Azovstal. Pabrik logam seluas seribu hektar itu merupakan satu-satunya daerah di Mariupol yang masih bebas.

Serangan Rusia dikabarkan meningkat sepanjang akhir pekan. Namun, serdadu Ukraina mengaku bakal bertempur hingga penghabisan.

"Menyerah buat kami ialah sesuatu yang tidak bisa diterima, kata Letnan Illya Samoilenko, anggota resimen Azov. "Kami tidak bisa memberikan kepada musuh hadiah semacam itu, imbuhnya.

Rusia sebaliknya mendapat hadiah hukuman berupa embargo minyak dan gas oleh negara-negara G7, adalah Kanada, Inggris, Jerman, Prancis, Italia, Jepang dan Amerika Serikat.

Selain itu, AS juga memberikan hukuman terhadap tiga stasiun televisi pemerintah, mengharamkan perusahaan jasa akuntansi dan konsultasi usaha beroperasi di Rusia, serta melarang penjualan produk kayu, mesin industri, pemanas dan alat berat kepada Rusia.

rzn/vlz (ap,rtr)

Comments