Atsiri diSarinah, Destinasi Baru Aromatic Wellness di Pusat Jakarta

Spots & Destinasi

Travel / Spots & Destinasi

Atsiri diSarinah, Destinasi Baru Aromatic Wellness di Pusat Jakarta

Atsiri diSarinah, Destinasi Baru Aromatic Wellness di Pusat Jakarta

KEPONEWS.COM - Atsiri diSarinah, Destinasi Baru Aromatic Wellness di Pusat Jakarta Penggunaan minyak atsiri atau yang lebih dikenal dengan istilah minyak esensial, sebenarnya telah populer di Indonesia semenjak berpuluh tahun lalu. Hal tersebut tergambar dari sebuah pabrik minyak at...

Penggunaan minyak atsiri atau yang lebih dikenal dengan istilah minyak esensial, sebenarnya telah populer di Indonesia semenjak berpuluh tahun lalu. Hal tersebut tergambar dari sebuah pabrik minyak atsiri yang pernah dirikan pada 1963 lalu, di Kaki Gunung Lawu, Karanganyar, Jawa Tengah.

Pabrik bernama Citronella ini awalnya dibuat sebagai pabrik penyulingan terbesar di Asia, dengan mimpi agar Indonesia dapat menjadi produsen minyak atsiri yang diperhitungkan dalam industri global.

Mengingat Indonesia mempunyai kekayaan alam dan keanekaragaman hayati, ada lebih dari puluhan ribu jenis tanaman yang hidup di wilayah Nusantara. Di antaranya mempunyai manfaat lebih sebagai bahan makanan, obat-obatan, dan minyak atsiri.

"Pabrik Citronella itu dibangun semenjak zaman Bung Karno pada tahun 1963. Jadi sebenarnya, semenjak dulu Founding Fathers kita itu tahu kalau negara kita ini punya potensi yang besar di industri minyak atsiri. Makanya mereka bikin pabrik ini super besar," jelas Founder Rumah Atsiri Indonesia, Natasha Clairine dalam pembukaan Atsiri diSarinah, pada Kamis (2/6/2022).

Zodiak Kesehatan Hari Ini, Selasa 29 Maret 2022: Minyak Esensial Bantu Leo Redakan Stres

Atsiri diSarinah ( Dinda)Atsiri diSarinah ( Dinda)

Dari sanalah cikal bakal didirikannya Rumah Atsiri Indonesia, yang membeli bangunan tersebut menjadi sebuah destinasi aromatic wellness berkelas dunia yang mulai membuka pintu bagi pengunjung semenjak tahun 2018.

Terlebih, saat itu, Natasha melihat geliat sektor wellness telah menjadi salah satu sektor yang sangat menjanjikan. Kini, Rumah Atsiri menjadi tempat bernaungnya banyak sekali kegiatan terkait minyak atsiri dan wellness.

Serta senantiasa berusaha mengembangkan produk turunan dan menyediakan fasilitas keramahtamahan untuk menunjang harmonisasi tubuh, jiwa, dan spiritual melalui pengalaman aromatic sensory.

"Awalnya pada 2015 kami menemukan bangunan ini di sebuah situs, 2018 kami buka restonya, 2019 taman, workshop dan toko, 2020 museum, dan tahun 2021 baru diresmikan glampingnya," jelas Natasha lebih lanjut.

Belum cukup sampai di situ, untuk memperkuat komitmennya agar bisa terus mewujudkan harapan besar bangsa melalui kekayaan aroma nusantara, Rumah Atsiri Indonesia baru saja membuka aromatic wellness playground pertama di Indonesia dengan nama Atsiri diSarinah.

5 Manfaat Essential Oil untuk Tubuh yang Wajib Kamu Ketahui

Natasha memaparkan Atsiri diSarinah mempunyai luas 300meter persegi merupakan miniatur Rumah Atsiri dengan konsep yang telah disesuaikan dengan kebutuhan pasar lebih muda.

"Dengan konsep aromatic wellness playground, kami mencoba mengedukasi masyarakat muda perihal kekayaan minyak atsiri Nusantara dengan pendekatan yang playful (menyenangkan) dan eksperimental, ungkapnya.

Meski mempunyai konsep berbeda dengan Rumah Atsiri, pengunjung Atsiri diSarinah tetap dapat menjelajahi tiga pengalaman sekaligus. Pertama adalah mini museum aromaterapi yang interaktif.

Di dalamnya ada ruangan aura yang membuat pengunjung dapat melihat aroma dari tanaman-tanaman atsiri. Kedua, pengalaman bersantap dengan set menu yang sudah disesuaikan wellness plate ratio di restoran Atsiri Eat.

Ketiga, kesempatan berbelanja produk minyak atsiri di Atsiri Shop. Bahkan pengunjung bisa membuat sendiri racikan produk sesuai dengan kepribadian dari preferensi diri sendiri.

Selain berfokus menghadirkan produk minyak atsiri, kami juga mengutamakan konsep keberlanjutan dengan penggunaan furnitur hasil daur ulang plastik HDPE, mulai dari kursi resto, tray makan, hingga beberapa display dalam toko," ujar dia.

Harapannya, kata Natasha, Atsiri diSarinah mendapatkan sambutan hangat serta menjadi pilihan bagi para masyarakat ibu kota dan sekitarnya untuk mendapatkan pengalaman aromatic wellness yang menyenangkan dan berkelanjutan.

Comments