Bunda Ini Gejala Hepatitis Akut yang Perlu Diwaspadai!

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Bunda Ini Gejala Hepatitis Akut yang Perlu Diwaspadai!

Bunda Ini Gejala Hepatitis Akut yang Perlu Diwaspadai!

KEPONEWS.COM - Bunda Ini Gejala Hepatitis Akut yang Perlu Diwaspadai! MUNCULNYA Hepatitis akut pada anak atau hepatitis misterius membuat banyak orangtua merasa khawatir dan cemas. Oleh karena itu, orangtua perlu waspada. Secara umum gejala awal penyakit Hepatitis akut...

MUNCULNYA Hepatitis akut pada anak atau hepatitis misterius membuat banyak orangtua merasa khawatir dan cemas. Oleh karena itu, orangtua perlu waspada.

Secara umum gejala awal penyakit Hepatitis akut antara lain mual, muntah, sakit perut, diare, kadang disertai demam ringan.

anak kena hepatitis akut

Selanjutnya, gejala akan semakin berat seperti air kencing berwarna pekat seperti teh dan BAB berwarna putih pucat.

Menurut Dr dr Muzal Kadim, SpA(K), Ketua Unit Kerja Koordinasi (UKK) Gastro-Hepatologi IDAI, langkah utama untuk mencegah keparahan Hepatitis akut yaitu orang tua harus memahami gejala dari Hepatitis akut tersebut.

"Pertama ya tentunya kalau ada demam bisa diberikan obat penurun demam panas itu di rumah banyak ibu-ibu biasanya sudah menyiapkan. Apa lagi punya harus menyiapkan obat-obat penurun panas," ujar Dokter Muzal.

Dokter Muzal mengingatkan, supaya orangtua, melihat reaksi atau kondisi tubuh sang anak setelah diberikan obat pertama (penurunan panas). Bila ada mual atau muntahnya, bisa diberikan obat pereda mual, juga diperhatikan agar anak tidak dehidrasi.

"Kalau misalnya muntahnya cukup sering, ya kalau di rumah ada obat-obat untuk anti muntah yang tentunya bisa. Supaya tidak dehidrasi tetap diberikan cairan yang penting minumnya (bisa diberikan setiap 3-5 menit)," jelasnya.

Menkes Ingatkan Hepatitis Akut Menular Lewat Makanan

Namun dia mengingatkan bila diare merupakan penyakit biasa, dialami anak-anak dalam setahun 2-3 kali. Kalau anak tidak mengalami perubahan lebih baik, dia meminta para orangtua untuk segera membawa anak-anaknya ke fasilitas kesehatan (Puskesmas/RS) terdekat, jangan sampai terlambat dapat pertolongan.

(DRM)

Comments