Catat, Begini Cara Agar Media Sosial Tak Mudah Dibobol Orang Tak Bertanggung Jawab

Lifestyle & Fashion

Life & Style / Lifestyle & Fashion

Catat, Begini Cara Agar Media Sosial Tak Mudah Dibobol Orang Tak Bertanggung Jawab

Catat, Begini Cara Agar Media Sosial Tak Mudah Dibobol Orang Tak Bertanggung Jawab

KEPONEWS.COM - Catat, Begini Cara Agar Media Sosial Tak Mudah Dibobol Orang Tak Bertanggung Jawab Seiring dengan perkembangan teknologi digital, ancaman dari orang yang tidak bertanggung jawab juga semakin besar. Tidak sedikit kabar seorang yang mengalami penipuan atau akun media sosialnya dibobol...

Seiring dengan perkembangan teknologi digital, ancaman dari orang yang tidak bertanggung jawab juga semakin besar. Tidak sedikit kabar seorang yang mengalami penipuan atau akun media sosialnya dibobol.

Hal ini terjadi karena kesadaran tentan keamanan di dunia digital masyarakat di Indonesia masyarakat Indonesia.
Keberagaman sosmed tidak diiringi dengan perbedaan akun. Pengguna umumnya hanya memakai satu email untuk masuk ke seluruh sosmed yang dimilikinya. Password yang digunakan pun tidak berbeda.

Founder - Komisaris Lenere Business Suite, Eko Prasetyo menilai, penggunaan password yang kuat menjadi salah satu kunci keamanan digital. Pengguna sosmed sebaiknya memakai password yang berbeda untuk setiap akun.

Cukup tiga atau empat pasword saja yang dihapalkan. Kita pakai bergantian selama kombinasinya baik, katanya saat webinar Makin Cakap Digital 2022, beberapa waktu lalu.

Viral Tampilan Kulkas Mirip ATM Saldo 1 T, Warganet: Hampir Disamper Dirjen Pajak

Ilustrasi Media Sosial (pexels.com)Ilustrasi Media Sosial (pexels.com)

Password yang baik, lanjut dia, harus panjang dan mempunyai kombinasi karakter (angka, huruf besar-kecil, tanda baca, dan simbol). Pengguna sosmed juga diimbau tidak memakai sesuatu yang berhubungan dengan data pribadi pada password.

"Upayakan juga mengganti password secara terpola, ujar Eko.

Dia menilai, kesulitan menghapal menjadi salah satu alasan pengguna sosmed memakai satu password untuk setiap akun. Menurut dia, cara termudah untuk mengingat merupakan membuat password menjadi kata-kata.

Webinar Makin Cakap Digital 2022 untuk Kelompok Masyarakat Wilayah Jawa Timur, merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika dan Siber Kreasi. Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya digital skills, digital ethics, digital safety, dan digital culture untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Dalam paparannya, Anggota RTIK Kota Surabaya William S Mendrofa membahas bahaya phising dalam dunia digital. Dia mengimbau pengguna sosmed tidak tergiur tawaran hadiah hingga lowongan pekerjaan dalam bentuk link.

Pentingnya Perempuan Kuasai Teknologi Digital untuk Kembangkan Usaha

Kita harus pastikan lebih dulu berita lowongan itu jelas, misalnya berita siapa yang membuka lowongan. Kita juga harus mewaspadai, biasanya lowongan palsu itu meminta bayaran uang. Jadi ketika dimintai uang, bisa jadi itu ialah lowongan palsu, katanya.

Comments