Dampak Erupsi Gunung Semeru, hingga Senin (5/12) Jumlah Pengungsi 1.979 Orang

Nasional

News / Nasional

Dampak Erupsi Gunung Semeru, hingga Senin (5/12) Jumlah Pengungsi 1.979 Orang

Dampak Erupsi Gunung Semeru, hingga Senin (5/12) Jumlah Pengungsi 1.979 Orang

KEPONEWS.COM - Dampak Erupsi Gunung Semeru, hingga Senin (5/12) Jumlah Pengungsi 1.979 Orang WARTAKOTALIVE.COM - Status Awas Gunung Semeru membuat warga harus mengungsi. Melansir dari laman bpnpg.go.id, jumlah korban erupsi Gunung Semeru yang kini mengungsi ada sekitar 1979 jiwa. Para korban...

WARTAKOTALIVE.COM - Status Awas Gunung Semeru membuat warga harus mengungsi.

Melansir dari laman bpnpg.go.id, jumlah korban erupsi Gunung Semeru yang kini mengungsi ada sekitar 1979 jiwa.

Para korban kini tersebar di 11 titik pengungsian.

BNPB merinci 11 titik pengungsian itu meliputi; 266 jiwa di SDN 4 Supiturang, 217 jiwa di Balai Desa Oro-oro Ombo, 119 jiwa di SDN 2 Sumberurip, 228 jiwa di Balai Desa Sumberurip, 131 jiwa di Balai Desa Penanggal, 52 jiwa di Pos Gunung Sawur, 216 jiwa di Balai Desa Pasirian, 150 jiwa di Lapangan Candipuro, 600 jiwa di Kantor Kecamatan Candipuro dan sisanya di SMP N 2 Pronojiwo.

Sementara itu, wilayah yang terdampak APG Gunungapi Semeru meliputi Desa Capiturang dan Sumberurip di Kecamatan Pronojiwo, Desa Sumbersari di Kecamatan Rowokangkung, Desa Penanggal dan Desa Sumberwuluh di Kecamatan Candipuro dan Desa Pasirian di Desa Pasirian.

Tidak Ada Korban Jiwa dan Fasilitas Rusak, Warga Stress berat Karena Erupsi Gunung Semeru

Hingga siaran pers ini diterbitkan, belum ada laporan mengenai jatuhnya korban jiwa.

Tim gabungan dari BPBD Kabupaten Lumajang, Basarnas, TNI, Polri, relawan dan lintas instansi terkait terus melakukan upaya penyelamatan, pencarian dan evakuasi.

Sebanyak 10.000 lembar masker kain, 10.000 lembar masker medis dan 4.000 masker anak telah dibagikan untuk mengurangi dampak risiko kesehatan pernafasan karena abu vulkanik.

Sementara itu pendirian dapur umum sedang dalam proses oleh PMI dan Dinas Sosial.

Bupati Lumajang Berlakukan Status Tanggap Darurat 14 Hari

Sebanyak ratusan warga dari beberapa desa terdampak erupsi Gunung Semeru mengungsi di Balai Desa Candipuro, Kecamatan Candipuro, Lumajang, Minggu (4/12/2022).

Salah satu warga Desa Sumberwuluh, Fatini (40) mengaku begitu panik saat erupsi Semeru melanda sekitar pukul 02.40 dini hari.

Fatini pun segera bergegas menuju tempat aman bersama warga yang lain.

Awan panas guguran (APG) Gunung Semeru di Jawa Timur yang erupsi pada Minggu (4/12) siang. Sebanyak 1.979 orang mengungsi ke 11 lokasi penampungan.Awan panas guguran (APG) Gunung Semeru di Jawa Timur yang erupsi pada Minggu (4/12) siang. Sebanyak 1.979 orang mengungsi ke 11 lokasi penampungan. (BPBD Kabupaten Lumajang)

"Langsung menuju tempat paling aman kemudian bersama-sama menyelematkan diri," ujar Fatini ketika ditemui di lokasi pengungsian.

Comments