Dampak Pandemi, 27 Juta Pengguna Internet Baru Bertambah di Indonesia

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Dampak Pandemi, 27 Juta Pengguna Internet Baru Bertambah di Indonesia

Dampak Pandemi, 27 Juta Pengguna Internet Baru Bertambah di Indonesia

KEPONEWS.COM - Dampak Pandemi, 27 Juta Pengguna Internet Baru Bertambah di Indonesia Pandemi Covid-19 membuat banyak orang di seluruh dunia mulai memakai internet untuk pertama kalinya, termasuk di Indonesia....

Pandemi Covid-19 membuat banyak orang di seluruh dunia mulai memakai internet untuk pertama kalinya, termasuk di Indonesia.

Internet sangat membantu orang untuk tetap terhubung tanpa harus bertemu secara langsung demi mencegah penyebaran virus.

Laporan baru Google mencatatkan, ada 27 juta pengguna internet baru yang bertambah di Indonesia semenjak 2020.

Angka tersebut membuat total populasi online di Indonesia menjadi lebih dari 202 juta orang, baik untuk belajar ataupun mencari hiburan.

Pinjol Ilegal Masih Menjamur Karena Software Mudah Dijajakan di Google Play Store

"Pengguna internet baru ini tidak hanya mengetikkan pertanyaan di ponsel, mereka juga memakai cara-cara lain untuk mendapatkan berita," kata Randy Jusuf, Country Director, Google Indonesia, dalam acara virtual Google for Indonesia 2021 pada Kamis (2/12/2021).

Randy mengungkapkan bahwa Google melihat adanya peningkatan pencarian berita melalui suara atau Voice dan Lens.

Pemanfaatan Google Lens. [Google Indonesia]Pemanfaatan Google Lens. [Google Indonesia]

"Google Lens saat ini juga digunakan oleh pelajar dan orang tua di Indonesia untuk menerjemahkan berita berbahasa asing dan memahami suatu konsep," tambah Randy.

Tak hanya itu, banyak pengguna juga merasa lebih mudah untuk bertanya secara lisan, daripada harus mengetik di ponsel.

Oleh karena itu, pengguna lebih sering memakai Voice Search untuk membantu menemukan berita.

Daftar Software dan Game Terbaik 2021 Google Play versi Indonesia

YouTube juga menjadi salah satu produk yang banyak digunakan oleh pengguna internet di Indonesia. Tercatat kini YouTube sudah digunakan oleh lebih dari 100 juta orang di Tanah Air.

Randy membeberkan bahwa pertumbuhan paling cepat dalam penggunaan YouTube tidak hanya dari wilayah Jawa, tetapi juga dari kota-kota kecil di seluruh Indonesia.

Lebih lanjut, aktivitas seperti bekerja dan belajar jarak jauh yang harus dilakukan selama pandemi juga membuat sebagian besar pengguna merasa lebih efektif.

Belajar online (pixabay)Belajar online (pixabay)

Tercatat per Juni 2021, lebih dari tiga miliar pengguna di seluruh dunia memilih software produktivitas dan kolaborasi Google, baik untuk penggunaan pribadi, usaha, maupun kegiatan belajar-mengajar.

Comments