Facebook Dukung Pengembangan Komunitas Olahraga di Indonesia

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Facebook Dukung Pengembangan Komunitas Olahraga di Indonesia

Facebook Dukung Pengembangan Komunitas Olahraga di Indonesia

KEPONEWS.COM - Facebook Dukung Pengembangan Komunitas Olahraga di Indonesia RUPANYA Manajer Konten Olahraga untuk Facebook Indonesia Dolly Lesmana memaparkan, Facebook terus menyokong pengembangan komunitas olahraga di Indonesia melalui banyak sekali bentuk kemitraan. Tak han...

RUPANYA Manajer Konten Olahraga untuk Facebook Indonesia Dolly Lesmana memaparkan, Facebook terus menyokong pengembangan komunitas olahraga di Indonesia melalui banyak sekali bentuk kemitraan. Tak hanya dari segi ekonomi tetapi juga dari segi sosial, terutama pada masa pandemi.

Facebook membangun kerja sama dengan komunitas olahraga mulai dari federasi, liga, atlet, klub olahraga, hingga media olahraga.

Facebook

Misi dari Facebook merupakan mengamplifikasi kekuatan olahraga untuk membangun komunitas, menghubungkan konten yang mereka sukai dan bisa membantu menciptakan usaha berkelanjutan bagi komunitas olahraga, kata Dolly.

Meski industri olahraga menghadapi tantangan yang tidak mudah di tengah situasi pandemi, Dolly percaya bahwa animo dan semangat olahraga akan tetap berlangsung di platform sosmed seperti Facebook dan Instagram.

Melalui Facebook dan Instagram, para atlet dan klub di Indonesia masih bisa terhubung dengan fans mereka di platform kami. Yang menarik, momen seperti Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo kemarin tetap bisa dibagikan oleh penggemar olahraga di Indonesia melalui Facebook dan Instagram,

Seperti dilansir dari Antara, Dolly menyebut setidaknya ada lima pilar yang dibangun Facebook untuk membangun dan menjaga kemitraan dengan komunitas olahraga, meliputi pengembangan audiens (audience development), monetisasi iklan, sponsorship, commerce and conversion, dan penciptaan dampak sosial.

Perihal audience development, Facebook selalu memberikan pentingnya membangun fanbase atau audience untuk komunitas olahraga, katanya.

Dolly memberi contoh fasilitas facebook watch dapat dimanfaatkan untuk kepentingan audience development. Dengan jumlah 1,2 miliar pengunjung facebook watch, klub olahraga dapat terhubung dengan penggemar melalui konten-konten menarik.

Selain itu, komunitas olahraga untuk memonetisasi video-video yang sudah mereka bagikan di Facebook. Dolly mencontohkan UFC pada awalnya hanya membagikan konten untuk membangun awareness agar penggemar datang di acara laga besar mereka, kini mereka sudah mendapatkan monetisasi yang cukup besar dari Facebook.

Perihal sponsorship, Dolly mengatakan Facebook juga membuka kesempatan bagi komunitas olahraga untuk bermitra dengan brand atau perusahaan besar.

Dari brand yang bekerja sama dengan komunitas olahraga, mereka bisa meningkatkan average lebih dari 51 persen brand awareness dibandingkan dengan membagikan konten oleh perusahaan mereka sendiri, ujarnya.

Dolly mengatakan Facebook juga mendorong komunitas olahraga agar bisa membangun penjualan banyak sekali produk klub olahraga, seperti marchandise melalui banyak sekali fasilitas yang tersedia di Facebook dan Instagram.

Ini memudahkan para fans atau penggemar menemukan inspirasi dan berbelanja pada saat bersamaan. Oleh karena itu, semua elemen di platform kami bisa digunakan untuk berbelanja. Jadi bisa berbelanja melalui fasilitas live, stories, reels, atau IG TV, katanya.

Terakhir, yang tak kalah penting ialah menciptakan dampak sosial untuk masyarakat yang lebih luas melalui konten-konten inspiratif bidang olahraga.

Dolly juga menekankan Facebook akan terus mengupayakan produk atau tools yang dapat membantu para atlet agar mereka tetap berinteraksi dan terhubung dengan penggemar serta merasa aman dan nyaman selama memakai platform sosmed.

Dengan semua produk yang telah tersedia, kami akan terus bekerja sama dengan komunitas olahraga untuk terus mengembangkan bagaimana cara usaha mereka berkembang, pungkasnya.

(DRM)

Comments