Hasto Sebut SBY Pakai Politik Bansos untuk Menangi Pemilu 2009

Nasional

News / Nasional

Hasto Sebut SBY Pakai Politik Bansos untuk Menangi Pemilu 2009

Hasto Sebut SBY Pakai Politik Bansos untuk Menangi Pemilu 2009

KEPONEWS.COM - Hasto Sebut SBY Pakai Politik Bansos untuk Menangi Pemilu 2009 Sekretaris Jenderal PDI Usaha (PDIP), Hasto Kristiyanto kembali menyinggung kepemimpinan Presiden RI ke 6 Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY. Hasto menyinggung kebijakan pemberian bantuan sosial atau b...

Sekretaris Jenderal PDI Usaha (PDIP), Hasto Kristiyanto kembali menyinggung kepemimpinan Presiden RI ke 6 Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY. Hasto menyinggung kebijakan pemberian bantuan sosial atau bansos era SBY jelang Pemilu 2009.

Hasto memberikan demikian saat webinar yang digelar CSIS Indonesia, Senin, 1 November 2021. Dia semula berbicara mengenai pelaksanaan pemilu di Indonesia yang cukup menjadi beban keuangan negara.

Dalam pernyataannya, Hasto menyebut mengenai adanya kebijakan penguasa yang diambil untuk merebut hati rakyat dengan tujuan mengambil keuntungan agar memenangkan pemilu.

"Coba CSIS menghitung berapa pemilu kita dari pusat sampai daerah dan itu merupakan beban bagi APBN. Beban bagi keuangan negara, belum lagi dampak dari politik populism karena bansos yang kemudian menjadi model setelah itu diterapkan pada 2009 dalam politik bansos," kata Hasto, dalam webinar bertema 'Menimbang Sistem Pemilu 2024' Senin 1 November 2021.

SBY hadir saat kongres Partai Demokrat yang menunjuk Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) jadi Ketum Demokrat. Photo : ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat SBY muncul saat kongres Partai Demokrat yang menunjuk Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) jadi Ketum Demokrat.

Dia pun mengutip data peneliti Australia Dr.Marcus Mietzner dari Low Institute for Internasional Policy yang menyebut pemerintahan SBY, dalam waktu satu tahun adalah dari 2008 sampai 2009 membelanjakan 2 miliar dolar AS untuk Bansos.

Kebijakan ini tentu sangat membebani negara dan bisa menyebabkan sebuah negara mengalami krisis.

Comments