Jaga Laju Inflasi di Bulan Puasa, Operasi Pasar Digencarkan

Ekonomi & Bisnis

News / Ekonomi & Bisnis

Jaga Laju Inflasi di Bulan Puasa, Operasi Pasar Digencarkan

Jaga Laju Inflasi di Bulan Puasa, Operasi Pasar Digencarkan

KEPONEWS.COM - Jaga Laju Inflasi di Bulan Puasa, Operasi Pasar Digencarkan JAKARTA - Laju inflasi di bulan Puasa terus dijaga, karena harga bahan pangan kerap meningkat hingga Lebaran 2023. Operasi pasar pun menjadi salah satu cara menstabilkan laju inflasi di Ramadhan. Gub...

JAKARTA - Laju inflasi di bulan Puasa terus dijaga, karena harga bahan pangan kerap meningkat hingga Lebaran 2023. Operasi pasar pun menjadi salah satu cara menstabilkan laju inflasi di Ramadhan.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menginstruksikan untuk menggalakkan pemantauan komoditas kebutuhan pokok, serta menggelar operasi pasar di beberapa kabupaten dan kota guna mencegah kenaikan inflasi.

"Mudah-mudahan minggu ini kawan-kawan akan turun, melihat dan mengecek ke pasar mana-mana yang kurang dan harus diintervensi," kata Ganjar usai mengikuti Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Daerah yang dipimpin Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Selasa (28/3/2023).

Mendagri dalam rakornya menaympaikan bahwa, komoditas yang mempunyai Indeks Perkembangan Harga (IPH) tertinggi pada bulan Ramadan antara lain beras, cabai rawit, daging ayam ras dan telur ayam ras. Komoditas tersebut patut diwaspadai sebagai faktor kenaikan inflasi.

Data dari https://hargajateng.org, Minggu (26/3/2023), harga beras premium per kilogram Rp13.000, beras medium per kilogram Rp11.600, cabai rawit merah per kilogram Rp70.000, cabai rawit hijau per kilogram Rp42.600, daging ayam ras per kilogram Rp33.000 dan telur ayam ras per kilogram Rp29.800.

Sejumlah harga komoditas di Jawa Tengah, masih terhitung aman. Kendati demikian, untuk mencegah lonjakan inflasi, Ganjar bersama Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) dan bupati wali kota tetap mencanangkan gerakan terjun langsung ke lapangan dan operasi pasar.

Follow Informasi Okezone di Google News

image

Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Comments