Kemendikbudristek Ajak Anak Muda Jadi Talenta Hebat di Bidang Informatika

Lifestyle & Fashion

Life & Style / Lifestyle & Fashion

Kemendikbudristek Ajak Anak Muda Jadi Talenta Hebat di Bidang Informatika

Kemendikbudristek Ajak Anak Muda Jadi Talenta Hebat di Bidang Informatika

KEPONEWS.COM - Kemendikbudristek Ajak Anak Muda Jadi Talenta Hebat di Bidang Informatika Kemajuan teknologi digital, menjadi suatu hal yang tak bisa terelakkan. Oleh alasannya adalah itu, kemajuan teknologi tersebut, mesti diimbangi dengan kemampuan anak-anak muda dalam bidang teknologi,...

Kemajuan teknologi digital, menjadi suatu hal yang tak bisa terelakkan. Oleh alasannya adalah itu, kemajuan teknologi tersebut, mesti diimbangi dengan kemampuan anak-anak muda dalam bidang teknologi, khususnya informatika.

Hal itu yang diungkapkan oleh Sekretaris Jenderal (Sesjen) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Suharti dalam rangkaian International Olympiad in Informatics (IOI) ke-34 Tahun 2022

Ia mengatakan bahwa gelaran seperti IOI penting untuk menemukenali, mendorong, menantang, dan memberikan pengakuan terhadap anak-anak muda yang mempunyai talenta hebat di bidang informatika.

International Olympiad in Informatics. (Dok: Istimewa)International Olympiad in Informatics. (Dok: Istimewa)

Tidak hanya itu, gelaran yang diadakan di Yogyakarta ini juga untuk membangun persahabatan internasional di antara para ilmuwan dan para pendidik bidang komputer.

Jadikan 4 Soft Skill Ini Melekat pada Dirimu agar Masa Depanmu Lebih Cerah

"Kemudian untuk memperkenalkan disiplin ilmu informatika kepada kaum muda. Keempat, untuk mempromosikan penyelenggaraan kompetisi informatika kepada siswa sekolah menengah.

Sedangkan yang terakhir merupakan untuk mendorong negara-negara lain sebagai penyelenggara kompetisi IOI di masa depan.

Bagi Indonesia, ajang ini selain sebagai ajang prestasi, juga sebagai sarana untuk menumbuhkan kemampuan literasi dan numerasi (computational thinking) bagi anak-anak Indonesia dalam rangka Merdeka Belajar, ujar Suharti.

Sebelumnya, ia juga mengatakan bahwa IOI menjadi salah satu bukti semangat global yang dimiliki oleh 90 negara peserta kompetisi bergengsi di bidang informatika dalam mewujudkan masyarakat 5.0.

Menurut Chairman IOI 2022, Brian Marshal, sesuai dengan tema yang diusung dalam penyelenggaraan IOI kali ini, Digital Energy of Asia Indonesia diharapkan dapat menjadi salah satu kekuatan Asia di bidang digital. Karena selama ini terbukti para alumni IOI telah berhasil menjadi pemimpin-pemimpin perusahaan besar di Indonesia di bidang teknologi.

Lewat Ajang IOI,Kemendikbudristek Dorong Talenta Digital Siswa

Para alumni IOI di Indonesia sekarang ialah mereka yang menjadi leader IT, sudah menjadi CEO-CEO. Itu menunjukkan bahwa alumni bisa menjadi penopang pembangunan ekonomi negara. Di Indonesia saja sudah memimpin, apalagi di Asia, ujarnya.

Comments