Malang Punya Wisata Kampung Tematik, Sandiaga Persilakan Diuji Coba Buka

Spots & Destinasi

Travel / Spots & Destinasi

Malang Punya Wisata Kampung Tematik, Sandiaga Persilakan Diuji Coba Buka

Malang Punya Wisata Kampung Tematik, Sandiaga Persilakan Diuji Coba Buka

KEPONEWS.COM - Malang Punya Wisata Kampung Tematik, Sandiaga Persilakan Diuji Coba Buka MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno meminta Pemerintah Kota (Pemkot) Malang untuk mengajukan uji coba pembukaan destinasi wisata kampung tematik, agar bisa be...

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno meminta Pemerintah Kota (Pemkot) Malang untuk mengajukan uji coba pembukaan destinasi wisata kampung tematik, agar bisa beroperasi di masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 3.

Sandiaga, di Kota Malang, Jawa Timur, Sabtu mengatakan bahwa bila nantinya uji coba tersebut disetujui oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), maka protokol kesehatan penanganan Covid-19 mutlak harus diterapkan.

"Silahkan diajukan ke kami (pembukaan kampung tematik), kami akan uji cobakan. Namun, kita harus menjaga dengan menerapkan protokol kesehatan, dan berwisata dengan tanggung jawab," kata Sandiaga.

Sandiaga memaparkan bila nantinya kampung tematik di Kota Malang diperbolehkan untuk melakukan uji coba operasional, terkait dengan ketentuan anak berusia di bawah 12 tahun tidak diperbolehkan masuk tempat wisata, menjadi diskresi pemerintah daerah setempat.

Menurutnya, anak berusia di bawah 12 tahun diperbolehkan untuk masuk ke tempat wisata dengan beberapa ketentuan, salah satunya ialah orang tua wajib sudah divaksin dua dosis, dan software PeduliLindungi berwarna hijau.

Sandiaga Undang 19 Dubes Anggota Uni Eropa, Ini yang Dibahas

Infografis Pembukaan Wisata

"Saat uji coba, pengelola destinasi, maupun pusat ekonomi kreatif mempunyai diskresi untuk anak-anak usia 12 tahun ke bawah. Kami memberikan keleluasaan kepada pemerintah daerah dan Satgas Covid-19 untuk mengambil kebijakan," katanya.

Menurutnya, kelonggaran tersebut memang perlu diberikan karena sektor pariwisata mengalami kesulitan karena adanya pembatasan anak usia 12 tahun tidak diperbolehkan masuk ke destinasi wisata.

"Karena pariwisata itu identik dengan pariwisata berbasis keluarga, susah sekali kalau anak usia 12 tahun ke bawah tidak diizinkan untuk mengikuti kegiatan pariwisata dan ekonomi kreatif. Jadi, sekali lagi, keleluasaan itu kita berikan," ujarnya.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Malang menyatakan telah mengirimkan surat kepada Kementerian Pariwisata, dan Ekonomi Kreatif untuk pembukaan sejumlah destinasi wisata kampung tematik yang ada di wilayah Kota Malang, Jawa Timur.

Comments