Mengenal Beragam Jenis Topologi Jaringan Komputer, Lengkap dengan Kelebihan dan Kekurangannya

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Mengenal Beragam Jenis Topologi Jaringan Komputer, Lengkap dengan Kelebihan dan Kekurangannya

Mengenal Beragam Jenis Topologi Jaringan Komputer, Lengkap dengan Kelebihan dan Kekurangannya

KEPONEWS.COM - Mengenal Beragam Jenis Topologi Jaringan Komputer, Lengkap dengan Kelebihan dan Kekurangannya Topologi Jaringan merupakan susunan jaringan yang terdiri dari beberapa node, yaitu node pengirim dan penerima, serta garis-garis yang menghubungkannya. Topologi jaringan komputer merupakan metode a...

Topologi Jaringan merupakan susunan jaringan yang terdiri dari beberapa node, yaitu node pengirim dan penerima, serta garis-garis yang menghubungkannya.

Topologi jaringan komputer merupakan metode atau cara yang digunakan agar bisa menghubungkan satu komputer dengan komputer lainnya.

Struktur atau jaringan yang digunakan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lainnya bisa dengan memakai kabel maupun nirkabel (tanpa kabel).

Setidaknya, ada enam jenis topologi jaringan komputer yang digunakan saat ini. Berikut merupakan berita lengkapnya:

Apa Itu Komputer Stand Alone? Ini Penjelasan Lengkapnya

1. Topologi Bus

Topologi bus merupakan jenis topologi jaringan dimana setiap node, yaitu setiap perangkat di jaringan, terhubung ke jalur kabel utama solo. Data ditransmisikan dalam satu rute, dari satu titik ke titik lainnya.

Ilustrasi seseorang sedang bekerja menggunakan komputer (Shutterstock).Ilustrasi seseorang sedang bekerja memakai komputer (Shutterstock).

Jenis ini tidak dapat mengirimkan data dengan dua cara. Ketika topologi ini mempunyai dua titik akhir yang tepat, itu dikenal sebagai Topologi Linear Bus. Sebagian besar digunakan untuk jaringan kecil.

Kelebihan Topologi Bus

Hemat biaya.Panjang kabel yang dibutuhkan paling sedikit dibandingkan dengan topologi lainnya.Cara kerja topologi ini mudah dimengerti.Ekspansi dapat dilakukan dengan mudah dengan menghubungkan kabel bersama-sama.

Kelemahan Topologi Bus

Cara Main Free Fire Max di Komputer

Jikalau kabel utama putus, seluruh jaringan putus.Performa jaringan dipertaruhkan dan berkurang bila ada banyak node dan lalu lintas jaringan yang padat.Kabel utama hanya bisa sepanjang itu. Panjang kabel terbatas.Topologi Bus tidak secepat Topologi Ring.

2. Topologi Ring

Ring Topology atau topologi ring merupakan jenis topologi dimana setiap komputer terhubung ke komputer lain di setiap sisi.

Komputer terakhir terhubung ke yang pertama, sehingga membentuk bentuk cincin. Topologi ini memungkinkan setiap komputer mempunyai tepat dua komputer tetangga.

Dalam topologi ini, komputer utama dikenal sebagai stasiun monitor, yang bertanggung jawab atas semua operasi. Transmisi data antar perangkat dilakukan dengan bantuan token.

Ilustrasi pekerja di depan komputer. (Shutterstock)Ilustrasi pekerja di depan komputer. (Shutterstock)

Untuk mentransmisikan data, stasiun komputer harus memegang token. Token dilepaskan hanya ketika transmisi selesai, setelah itu stasiun komputer lain dapat memakai token tersebut untuk mengirimkan data.

Pengiriman data dilakukan dengan metode sekuensial, yaitu sedikit demi sedikit. Oleh karena itu, data harus merutekan jalannya melalui setiap node dalam jaringan untuk mencapai node tujuan.

Transmisi data searah dalam topologi Ring, tetapi dapat dibuat menjadi dua arah dengan menghubungkan setiap node dengan satu set garis penghubung lainnya.

Ini dikenal sebagai Topologi Dering Ganda. Di sini, dua jaringan cincin dibuat, dengan data di masing-masing mengalir ke arah yang berlawanan.

Kelebihan Topologi Ring

Jaringan tidak terpengaruh oleh banyak node atau lalu lintas padat, karena hanya node yang mempunyai token yang dapat mentransfer data.Topologi ring mempunyai instalasi dan ekspansi yang murah.

Kelemahan Topologi Ring

Sangat membosankan untuk memecahkan masalah dalam topologi Ring.Sulit untuk menambah atau menghapus node, karena mengganggu aktivitas jaringan.Jikalau satu komputer crash, seluruh aktivitas jaringan terganggu.

3. Topologi Star

Ilustrasi layar komputer. (pexels.com)Ilustrasi layar komputer. (pexels.com)

Topologi Star ialah jenis topologi jaringan di mana semua node terhubung melalui kabel ke satu node yang disebut hub, yang merupakan node pusat.

Hub dapat bersifat aktif atau pasif. Hub aktif berisi repeater, sedangkan hub pasif dianggap sebagai node non-cerdas.

Setiap node berisi koneksi yang dicadangkan ke node pusat, dimana node pusat bertindak sebagai pengulang selama transmisi data.

Kelebihan Topologi Star

Topologi bintang memberikan kinerja yang cepat karena lalu lintas jaringan yang rendah.Sangat mudah untuk memutakhirkan Hub kalau diharapkan.Setup dapat dilakukan dengan mudah dan dapat dengan mudah dimodifikasi juga.Topologi Bintang mudah dipecahkan.Jikalau sebuah node gagal, ia dapat dengan mudah diganti tanpa mempengaruhi kerja jaringan lainnya.

Kelemahan Topologi Star

Biaya pemasangannya ekstrem, dan mahal untuk digunakan.Semua node bergantung pada hub.

4. Topologi Mesh

Topologi mesh ialah jenis topologi di mana semua node terhubung dengan semua node lain melalui saluran jaringan.

Penggunaan layar komputer (Unsplash)Ilustrasi penggunaan komputer (Unsplash)

Topologi mesh ialah koneksi point-to-point. Ia mempunyai n(n-1)/2 saluran jaringan untuk menghubungkan n node.

Topologi mesh mempunyai dua teknik untuk pengiriman data, yaitu routing dan flooding.

Dalam teknik perutean, node mempunyai logika perutean, seperti logika untuk jarak terpendek ke node tujuan atau logika untuk menghindari rute dengan koneksi yang terputus.

Dalam teknik flooding, semua node jaringan mendapatkan data yang sama. Ini membuat kita tidak perlu logika perutean.

Teknik ini membuat jaringan kuat tetapi menghasilkan beban yang tidak diinginkan pada jaringan.

Kelebihan Topologi Mesh

Setiap koneksi mempunyai kemampuan untuk membawa beban data tertentu.Topologi Mesh sangat kuat.Sangat mudah untuk mendiagnosa kesalahan.Topologi Mesh memberikan privasi dan keamanan.

Kelemahan Topologi Mesh

Topologi Mesh menantang untuk diinstal dan dikonfigurasi.Karena semua node terhubung satu sama lain, pemasangan kabel menjadi mahal.Kabel massal sangat penting.Ilustrasi bekerja dengan komputer. (pexels.com/nurfauziyah)Ilustrasi bekerja dengan komputer. (pexels.com/nurfauziyah)

5. Topologi Tree

Topologi pohon ialah topologi dimana node terhubung secara hierarkis, dengan semua node terhubung ke node paling atas atau root node.

Oleh karena itu, ini juga dikenal sebagai topologi hierarkis. Topologi pohon mempunyai setidaknya tiga tingkat hierarki.

Topologi pohon diterapkan di Wide Area Network. Ini merupakan perpanjangan dari topologi Bus dan topologi Star.

Terbaik ialah kalau stasiun kerja ditempatkan dalam kelompok, agar mudah dikerjakan dan dikelola.

Kelebihan Topologi Tree

Sangat mudah untuk memperluas jaringan dengan lebih banyak node.Mudah dipelihara dan dikelola.Sangat mudah untuk mendeteksi kesalahan dalam jaringan.

Kelemahan Topologi Pohon

Ini sangat kabel.Itu mahal jikalau dibandingkan dengan topologi lain.Jikalau simpul akar runtuh, jaringan juga akan runtuh.Ilustrasi seorang lelaki bekerja di depan komputer. (pexels.com/@olly)Ilustrasi seorang lelaki bekerja di depan komputer. (pexels.com/@olly)

6. Topology Hybrid

Topologi Hybrid pada dasarnya ialah topologi jaringan yang terdiri dari dua atau lebih jenis topologi yang berbeda.

Ini merupakan topologi yang andal dan dapat diskalakan, tetapi jenis topologi ini sangat mahal.

Kelebihan Topologi Hybrid

Mudah untuk memecahkan masalah dan menyediakan teknik pendeteksian kesalahan yang sederhana.Ini merupakan topologi jaringan yang fleksibel, membuatnya cukup efektif.Ini dapat diskalakan karena ukurannya dapat dibuat lebih besar dengan mudah.

Kelemahan Topologi Hybrid

Tidak mudah untuk mendesainnya.Itu mahal, karena melibatkan lebih dari satu topologi.

Itulah banyak sekali jenis topologi jaringan komputer yang mungkin sedang kamu cari. [Damai Lestari]

Comments