Ormas Betawi Tersinggung Pj Gubernur DKI Jakarta Copot Marullah Matali Sebagai Sekda

Nasional

News / Nasional

Ormas Betawi Tersinggung Pj Gubernur DKI Jakarta Copot Marullah Matali Sebagai Sekda

Ormas Betawi Tersinggung Pj Gubernur DKI Jakarta Copot Marullah Matali Sebagai Sekda

KEPONEWS.COM - Ormas Betawi Tersinggung Pj Gubernur DKI Jakarta Copot Marullah Matali Sebagai Sekda JAKARTA - Kebijakan Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono yang melucuti Marullah Matali dari jabatan Sekda DKI Jakarta, melukai hati etnis Betawi. Mereka merasa dianggap remeh dan tak dihormati, k...

JAKARTA - Kebijakan Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono yang melucuti Marullah Matali dari jabatan Sekda DKI Jakarta, melukai hati etnis Betawi.

Mereka merasa dianggap remeh dan tak dihormati, karena putra Betawi terbaik itu dilucuti dari kursi Sekda DKI Jakarta.

Saya sebagai putra Betawi dan juga Ketua Umum Forkabi kecewa sama Heru. Dia tidak boleh semena-mena, Heru harus ada etika dan saya tersinggung, kata Ketua Umum Forkabi (Forum Komunikasi Anak Betawi), Abdul Ghoni, Minggu (4/12/2022).

Anggota Komisi D DPRD DKI Jakarta ini mengungkapkan, Heru Budi Hartono sama sekali tidak menghargai putra Betawi, karena Marullah merupakan asli warga Jakarta.

Selama ini, lanjut dia, masyarakat Betawi selalu hidup rukun tanpa ada ketegangan.

Kata dia, semestinya Heru paham sebagai Pj tidak bisa berbuat semaunya. Apalagi semenjak empat Gubernur sebelumya dari Joko Widodo, Basuki Tjahja Purnama alias Ahok, Djarot Saiful Hidayat hingga Anies Baswedan, jabatan Sekretaris DKI selalu putra daerah.

Heru Budi Hartono Cari Sekda DKI Terbaik Lewat Lelang Jabatan, Minta Minta Warga Jakarta Sabar

Heru harusnya punya etika dan tata krama. Ini sama saja, Heru tak mempunyai etika dan tata krama. Menjadikan Uus Plt Sekdaprov itu tak beretika, ujar Penasihat Fraksi Partai Gerindra DPRD DKI Jakarta ini.

Ghoni mengingatkan, Heru tidak dipilih secara langsung oleh rakyat Jakarta, tapi ditunjuk Presiden sebagai Pj Gubernur DKI. Alasan apapun, Ghoni menegaskan, sebagai anak Betawi tidak bisa mendapatkan pencopotan Marullah Matali dari posisi Sekdaprov DKI.

Ini merupakan penghinaan bagi warga Betawi. Semenjak dulu nggak ada tuh, Gubernur DKI mengganti Skedaprov dengan Pelaksana tugas (Plt), ketusnya.

Marullah Matali Klarifikasi Polemik Rencana Pelantikan Pj Sekda DKI Jakarta

Ghoni lalu membandingkan, Anies Baswedan lebih menghargai masyarakat Betawi ketimbang Heru. Alasannya adalah, semenjak dilantik sebagai gubernur 2017 Sekdaprov selalu putra Betawi.

Sebelum Marulla Matali, almarhum Sefullah Sekdaprov DKI anak Betawi. Bahkan penggantinya, juga putra asli Jakarta. Heru ini tidak perhatian dengan masyarakat Betawi, imbuhnya.

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono baru beberapa bulan menjabat, namun bikin heboh lewat berbagai kebijakan.Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono baru beberapa bulan menjabat, namun bikin heboh lewat banyak sekali kebijakan. (Instagram @herubudihartono)

Sebelumnya, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menunjuk Asisten Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah DKI Uus Kuswanto menjadi Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta menggantikan Marullah Matali yang ditempatkan pada posisi lainnya.

Marullah Matali sendiri ditempatkan pada posisi baru sebagai Deputi Gubernur bidang Kebudayaan dan Pariwisata.

Baik Marullah dan Uus, keduanya dilantik di Balai Agung, Kompleks Balai Kota Jakarta oleh Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, pada Jumat (2/12/2022).

Baca informasi lainnya di Google News

Comments