Pemkab Jayapura Jamin Kongres Ke-6 Masyarakat Adat Nusantara Bakal Berlangsung Aman dan Tertib

Nasional

News / Nasional

Pemkab Jayapura Jamin Kongres Ke-6 Masyarakat Adat Nusantara Bakal Berlangsung Aman dan Tertib

Pemkab Jayapura Jamin Kongres Ke-6 Masyarakat Adat Nusantara Bakal Berlangsung Aman dan Tertib

KEPONEWS.COM - Pemkab Jayapura Jamin Kongres Ke-6 Masyarakat Adat Nusantara Bakal Berlangsung Aman dan Tertib JAKARTA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura menjamin keamanan dalam perhelatan Kongres AMAN ke-6 pada 24-29 Oktober 2022, di Kabupaten Jayapura, Papua. Hal itu disampaikan Asisten III Bidang Adm...

JAKARTA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura menjamin keamanan dalam perhelatan Kongres AMAN ke-6 pada 24-29 Oktober 2022, di Kabupaten Jayapura, Papua.

Hal itu disampaikan Asisten III Bidang Administrasi Umum Pemkab Jayapura sekaligus Ketua Panitia Kongres Masyarakat Tata cara Nusantara (AMAN) Timothius J. Demetouw saat berkunjung ke Kantor Tribun Network, di Palmerah Selatan, Jakarta, Selasa (5/7/2022).

Timothius mengatakan Pemkab Jayapura sedari dini telah melakukan koordinasi terkait masalah keamanan.

Adapun keamanan yang diterapkan nantinya akan serupa seperti keamanan pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua.

Koordinasi kami masalah keamanan itu sudah terbukti bahwa kemarin PON XX yang berlangsung di stadion utamanya ada di Kabupaten Jayapura, yang mana tempat yang diselenggarakan kongres ini, kata Timothius.

Asisten III Bidang Administrasi Umum Pemkab Jayapura sekaligus Ketua Panitia Kongres Aliansi Masyarakat Adat Nusantara, Timothius J. Demetouw saat melakukan MoU dengan Tribun Network di Kantor  Tribun Network, di    Palmerah Selatan, Jakarta, Selasa (5/7/2022).Asisten III Bidang Administrasi Umum Pemkab Jayapura sekaligus Ketua Panitia Kongres Aliansi Masyarakat Istiadat Nusantara, Timothius J. Demetouw saat melakukan MoU dengan Tribun Network di Kantor Tribun Network, di Palmerah Selatan, Jakarta, Selasa (5/7/2022). (Ist)

Dalam pelaksanaan PON XX Papua pada Oktober 2022 kemarin, pihak TNI/Polri menerjunkan 21 ribu personel untuk menjaga keamana dan ketertiban selama perhelatan tersebut.

Berkenaan dengan itu, Timothius meyakini situasi perhelatan Kongres nanti akan serupa dengan penyelenggaraan PON XX Papua yang aman tertib dan terkendali.

Sehingga kami yakin bahwa dengan adanya kongres ini pasti situasinya sama dengan penyelenggaraan yang aman tertib dan terkendali dan berhasil sukses seperti yang pernah kita laksanakan, ungkap dia.

Bupati Jayapura Undang Jokowi Hadiri Kongres Masyarakat Istiadat Nusantara

Jokowi Direncanakan Muncul

Timothius J Demetouw mengatakan Presiden Joko Widodo direncanakan muncul dalam kegiatan KMAN ke-6 yang dihelat pada 24-29 Oktober 2022, di Kabupaten Jayapura, Papua.

Rencananya Bapak Presiden akan datang, karena pada tanggal 20 Mei yang lalu telah jumpa Bupati Jayapura langsung di Istana Presiden dan minta kesediaan dari Bapak Presiden untuk menghadiri acara tersebut, ungkapnya.

Selain menghadiri acara, Presiden Jokowi juga akan memberikan sertifikasi pemetaan wilayah tata cara dalam kaitannya dengan kepastian hukum atas tanah hak dari masyarakat istiadat.

Ketua Panitia Lokal Masyarakat dan Aliansi Masyarakat Adat Nusantara yang juga Asisten III Bidang Administrasi Umum Pemkab Jayapura, Timothius J Demetouw saat bincang-bincang dengan GM News Tribunnews.com Yulis SulistiawanKetua Panitia Lokal Masyarakat dan Aliansi Masyarakat Istiadat Nusantara yang juga Asisten III Bidang Administrasi Umum Pemkab Jayapura, Timothius J Demetouw saat bincang-bincang dengan GM News Tribunnews.com Yulis Sulistiawan (Tribunnews.com)

Nantinya juga ada acara penyerahan 14 kodefikasi kampung istiadat yang berdampingan dengan kampung dinas sebagaimana amanat UU Nomor 6 Tahun 2014 wacana Desa Dinas dan Desa Istiadat.

Diberikan sertifikasi pengakuan terhadap kampung-kampung tata cara itu bisa berdampingan dengan kampung dinas sesuai dengan UU Nomor 6 Tahun 2014 wacana Desa Dinas dan Desa Tata cara, ujar Timothius.

Kemudian dalam kaitan dengan kepastian hukum atas tanah hak dari masyarakat, itu dilakukan ada kegiatan pemetaan wilayah tata cara. Dan itu akan diberikan sertifikasi penyerahannya oleh Bapak Presiden, jelasnya.

Comments