Penemu Parasit Penyebab Malaria - Charles Louis Alphonse Laveran

Tokoh

Ragam / Tokoh

Penemu Parasit Penyebab Malaria - Charles Louis Alphonse Laveran

Penemu Parasit Penyebab Malaria - Charles Louis Alphonse Laveran

KEPONEWS.COM - Penemu Parasit Penyebab Malaria - Charles Louis Alphonse Laveran Parasit penyebab penyakit malaria ditemukan pertama kali oleh seorang dokter berkebangsaan Prancis bernama Charles Louis Alphonse Laveran. Laveran lahir di Paris pada 18 Juni 1845. Dia ialah anak seor...

Parasit penyebab penyakit malaria ditemukan pertama kali oleh seorang dokter berkebangsaan Prancis bernama Charles Louis Alphonse Laveran. Laveran lahir di Paris pada 18 Juni 1845. Dia ialah anak seorang dokter militer di Ecole de Val-de-Grace yang bernama Dr. Louis Theodore Laveran. Penemu Parasit Penyebab Malaria - Charles Louis Alphonse LaveranCharles Louis Alphonse Laveran Tahun 1867, Laveran menyelesaikan Sekolah Kedokteran di Stasbourg, Prancis. Pada tahun 1874, setelah melalui proses ujian, dia diangkat sebagai Chair of Military Diseases and Epidemic di Ecole de Val-de-Grace, yang sebelumnya sempat dijabat oleh ayahnya. Tahun 1878, setelah jabatannya berakhir, dia dikirim ke Bone di Algeria dan tinggal disana sampai tahun 1883. Disanalah dia memulai penelitian wacana parasit malaria pada tubuh manusia.
Tahun 1882, Laveran melakukan penelitian di Rumah Sakit Spiritio. Dia membandingkan darah pasien penderita malaria di Roman Campagma dengan parasit yang dia temukan dalam darah pasien malaria di Algeria. Dari hasil penelitian tersebut, dia mengemukakan pendapatnya bahwa parasit dalam darah manusia merupakan penyebab malaria. Tahun 1889, Academy of Sciences memberinya penghargaan Breant Prize untuk penemuannya perihal parasit penyebab malaria.
Pada tahun 1896, Laveran bergabung dengan Institur Pasteur di Paris sebagai Chief of The Honorary Service. Dari tahun 1897-1907, dia banyak melakukan penelitian mengenai endoglobular haematozoa, sporozoa, dan trypanosome.. Tahun 1907, Laveran mendapatkan Nobel Kedokteran atas penelitiannya perihal protozoa penyebab penyakit. Dia memakai separuh dari hadiah tersebut untuk mendirikan Laboratory of Tropical Medicine di Institut Pasteur.
Tahun 1885, Laveran menikah dengan Mille Pidancet. Pada tanggal 18 Mei 1922, Laveran menghadap sang pencipta setelah menderita sakit selama beberapa bulan.

Comments