Perbedaan CD R dan CD RW: Lengkap dengan Keunggulan Masing-Masing

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Perbedaan CD R dan CD RW: Lengkap dengan Keunggulan Masing-Masing

Perbedaan CD R dan CD RW: Lengkap dengan Keunggulan Masing-Masing

KEPONEWS.COM - Perbedaan CD R dan CD RW: Lengkap dengan Keunggulan Masing-Masing Masih banyak orang yang belum bisa membedakan apa itu CD R dan CD RW. Sebenarnya apa perbedaan dari keduanya? Simak penjelasan di bawah ini. Perbedaan CD R dan CD RW merupakan CD R (compact disc-recor...

Masih banyak orang yang belum bisa membedakan apa itu CD R dan CD RW. Sebenarnya apa perbedaan dari keduanya? Simak penjelasan di bawah ini.

Perbedaan CD R dan CD RW merupakan CD R (compact disc-recordable) merupakan cakram optik multi sesi tempat pengguna dapat menyimpan file, tetapi tidak bisa dihapus, item mereka sendiri seperti teks, grafik, dan audio.

- 11 Fakta Pembelahan Sel yang Perlu Kamu Ketahui - Fakta Miris yang Terjadi di Pabrik iPhone di China, Produksi Terhambat Gara-Gara Hal Ini - Perbedaan Realme 9 dan Realme 10, Simak Spesifikasinya Biar Tak Salah Beli

Sementara CD RW (compact disc-rewritable) merupakan disk multi sesi yang dapat dihapus, kamu dapat menulis berkali-kali.

Untuk menulis pada disk CD RW, kamu harus mempunyai perangkat lunak CD RW dan drive CD RW.

Penasaran dengan perbedaan detailnya? Berikut perbedaan CD R dan CD RW yang tim rangkum untuk kamu.

Ilustrasi CD. (Pixabay)Ilustrasi CD. (Pixabay)

CD R

Banyak komputer pribadi saat ini menyertakan drive CD R atau CD RW, atau drive kombinasi yang mencakup kemampuan CD R atau CD RW, sebagai fasilitas standar.

Tidak seperti drive CD ROM standar, pengguna merekam, atau menulis, data mereka sendiri pada disk dengan drive CD R atau CD RW. Proses penulisan pada cakram optik disebut pembakaran.

CD R (compact disc-recordable) merupakan cakram optik multi-sesi tempat pengguna dapat menulis, tetapi tidak menghapus, item mereka sendiri seperti teks, grafik, dan audio.

Multisession berarti kamu dapat menulis di bagian disk pada satu waktu dan bagian lain di lain waktu. Setiap bagian dari CD R hanya dapat ditulis satu kali, dan isi disk tidak dapat dihapus.

CD RW

CD RW (compact disc-rewritable) merupakan disk multi sesi yang dapat dihapus yang dapat kamu tulis berkali-kali. Untuk menulis pada disk CD RW, kamu harus mempunyai perangkat lunak CD RW dan drive CD RW. Penggunaan CD RW dan CD R yang populer merupakan untuk membuat CD audio.

Misalnya, pengguna dapat merekam musik mereka sendiri dan menyimpannya di CD, membeli dan mengunduh lagu dari Web, atau mengatur ulang trek di CD musik yang dibeli. Proses menyalin data audio dan/atau video dari disk yang dibeli dan menyimpannya di media digital disebut ripping.

Kelebihan Keduanya

Kelebihan utama CD R merupakan kompatibilitas dengan CD-ROM lama. Karena perbedaan materi dengan CD RW, beberapa drive dan pemutar lama, seperti discman dan stereo, mungkin gagal mengenali dan membaca data yang disimpan dalam CD RW. Model yang lebih baru dapat membaca CD R dan CD RW, tetapi bagi mereka yang mempunyai perangkat keras lama, CD R ialah pilihan yang lebih aman.

Terakhir, biaya kedua media tersebut tidak sama. disk CD RW yang lebih serbaguna lebih mahal daripada disk CD RW. Untuk mentransfer data, CD RW merupakan yang terbaik sementara CD R lebih hemat biaya untuk pencadangan jangka panjang. Tapi sekarang, keduanya telah dianggap usang.

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins

Comments