Samsung LPDDR5X DRAM Bakal Dipakai Qualcomm untuk Snapdragon

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Samsung LPDDR5X DRAM Bakal Dipakai Qualcomm untuk Snapdragon

Samsung LPDDR5X DRAM Bakal Dipakai Qualcomm untuk Snapdragon

KEPONEWS.COM - Samsung LPDDR5X DRAM Bakal Dipakai Qualcomm untuk Snapdragon Samsung LPDDR5X DRAM. (Samsung) Samsung Electronics Co mengumumkan kalau Low Power Double Data Rate 5X atau LPDDR5X DRAM mereka telah tervalidasi Qualcomm Technologies dan akan digunakan untuk platfor...

Samsung LPDDR5X DRAM. (Samsung)

Samsung Electronics Co mengumumkan kalau Low Power Double Data Rate 5X atau LPDDR5X DRAM mereka telah tervalidasi Qualcomm Technologies dan akan digunakan untuk platform Snapdragon.

Memori Samsung LPDDR5X DRAM ini berbasis 14-nanometer (nm) 16-gigabit (Gb) dan telah dikembangkan semenjak November kemarin.

Samsung telah bekerja sama dengan Qualcomm Technologies untuk mengoptimalkan LPDDR5X 7,5 gigabit-per-second (Gbps) untuk digunakan dengan platform seluler Snapdragon.

Memberikan kecepatan sekitar 1,2 kali lebih cepat daripada LPDDR5 6,4Gbps yang digunakan di smartphone premium saat ini, Samsung LPDDR5X diharapkan dapat meningkatkan performa perekaman video resolusi ultratinggi serta fasilitas AI seperti pengenalan suara, pengenalan gambar, dan pemrosesan bahasa alami di smartphone generasi berikutnya.

Selain itu, dengan mengadopsi desain sirkuit canggih serta penskalaan tegangan dan frekuensi dinamis (DVFS - dynamic voltage and frequency scaling), konsumsi daya LPDDR5X dapat dikurangi sekitar 20%.

Samsung LPDDR5X DRAM. (Samsung)Samsung LPDDR5X DRAM. (Samsung)

"Keberhasilan validasi solusi LPDDR5X kami untuk platform seluler Snapdragon Qualcomm Technologies merupakan bukti kepemimpinan kami dalam teknologi DRAM," kata Jinman Han, Corporate Executive Vice President & Head of Memory Global Sales & Marketing, Samsung Electronics.

"Kami berharap software untuk memori berperforma tinggi dan hemat daya ini dapat melampaui smartphone hingga mencapai pusat data, PC, dan otomotif, memungkinkan lebih banyak perangkat dan sistem berjalan dengan efisiensi yang lebih besar." lanjutnya.

"Qualcomm Technologies ialah pemimpin industri dalam menjalankan dan mengadopsi spesifikasi LPDDR DRAM terbaru. Pengaktifan LPDDR5X pada platform Snapdragon akan meningkatkan pengalaman pengguna dengan fitur-fitur baru dan peningkatan kinerja untuk game, kamera, dan software memakai AI Engine terbaru kami di banyak sekali lini produk Qualcomm Technologies," kata Ziad Asghar, Vice President of Product Management, Qualcomm Technologies, Inc.

Untuk mengakomodasi peningkatan permintaan akan solusi DRAM premium dengan lebih baik, Samsung akan terus mengejar pengembangan produk DRAM hemat daya yang memberikan kinerja yang lebih baik dan kapasitas yang lebih tinggi dalam menyokong rangkaian sistem generasi berikutnya yang terus berkembang.

Kita nantikan saja chipset Snapdragon dari Qualcomm yang memakai Samsung LPDDR5X DRAM.

Comments