Sejarah dan Alasan Kenapa Stasiun Surabaya Kota Disebut Stasiun Semut

Fact & History

Fun / Fact & History

Sejarah dan Alasan Kenapa Stasiun Surabaya Kota Disebut Stasiun Semut

Sejarah dan Alasan Kenapa Stasiun Surabaya Kota Disebut Stasiun Semut

KEPONEWS.COM - Sejarah dan Alasan Kenapa Stasiun Surabaya Kota Disebut Stasiun Semut KERETA api merupakan moda transportasi darat yang sudah eksis dari zaman dahulu. Keberadaannya membuat beberapa daerah di Indonesia pada saat itu harus menyediakan tempat pemberhentian kereta api atau...

KERETA api merupakan moda transportasi darat yang sudah eksis dari zaman dahulu. Keberadaannya membuat beberapa daerah di Indonesia pada saat itu harus menyediakan tempat pemberhentian kereta api atau stasiun. Salah satu contohnya ialah kehadiran Stasiun Surabaya Kota di Jawa Timur.

Uniknya, stasiun ini dijuluki sebagai Stasiun Semut oleh masyarakat. Mungkin banyak dari Kamu yang belum mengetahui kenapa Stasiun Surabaya Kota disebut Stasiun Semut. Lantas apa jawabannya?

Mengutip dari saluran YouTube Museum Indoneche julukan Stasiun Semut sendiri diambil dari lokasi berdirinya stasiun tersebut, adalah di Kampung/Desa Semut, Surabaya. Lokasi tersebut dipilih untuk dijadikan stasiun karena dekat dengan Wonokromo dan Pelabuhan Tanjung Perak.

Infografis Aturan Berfoto di Stasiun Kereta Api

Stasiun Semut merupakan stasiun pertama yang dimiliki oleh Staatsspoorwegen (SS), adalah operator kereta api yang dimiliki oleh Pemerintah Hinda Belanda.

Pada saat itu, Pemerintah Hindia Belanda membangun stasiun ini ketika jalur kereta api dari Surabaya-Malang dan Pasuruan tengah dirintis di tahun 1870-an dan diresmikan pada 1878.

Pemerintah Hindia Belanda mendirikan stasiun ini tak lain dan tak bukan merupakan untuk memudahkan dalam mengangkut hasil bumi dan perkebunan dari beberapa daerah di Jawa Timur.

Follow Isu Okezone di Google News

Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Comments