Sejarah Hari Habitat Dunia 2022, Anak Muda Harus Tahu

Fact & History

Fun / Fact & History

Sejarah Hari Habitat Dunia 2022, Anak Muda Harus Tahu

Sejarah Hari Habitat Dunia 2022, Anak Muda Harus Tahu

KEPONEWS.COM - Sejarah Hari Habitat Dunia 2022, Anak Muda Harus Tahu Dalam kehidupan, terkadang manusia sering lupa bila lingkungan ialah satu hal penting yang harus dijaga. Lingkungan menjadi tempat asal untuk makhluk hidup tidak hanya manusia, tetapi hewan dan tumbuh...

Dalam kehidupan, terkadang manusia sering lupa bila lingkungan ialah satu hal penting yang harus dijaga. Lingkungan menjadi tempat asal untuk makhluk hidup tidak hanya manusia, tetapi hewan dan tumbuhan.

Pentingnya menjaga lingkungan tersebut, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), membuat peringatan Hari Tempat asli Sedunia. Peringatan hari ini untuk mengingatkan manusia pentingnya menjaga tempat tinggal untuk masa depan.

Sejarah

Melansir laman News18, tahun ini Hari Tempat asal Sedunia diperingati pada 3 Oktober. Awal mula Hari Tempat asli Sedunia diperingati karena pada 1985, pertumbuhan ekonomi dan perkotaan sangat cepat. Namun, hal tersebut tidak sejalan dengan sumber daya yang ada sehingga menimbulkan masalah.

Peran Bangunan Gedung Hijau dalam Pembangunan Infrastruktur di Indonesia

Ilustrasi Pahlawan Lingkungan (unsplash)Ilustrasi Pahlawan Lingkungan (unsplash)

Melihat adanya masalah tersebut, Majelis Umum PBB, membuat peringatan Hari Tempat asal Sedunia yang dirayakan setiap Senin pertama pada Bulan Oktober. Perayaan Hari Tempat asli Sedunia sendiri, pertama kali dirayakan pada 1986 dengan Nairobi, Kenya sebagai tuan rumah. kala itu tema yang diangkat yaitu Shelter is My Right .

Sementara itu, pada 1989, PBB meluncurkan The Tempat asli Scroll of Honour award . Acara tersebut ditujukan untuk mengapresiasi kontribusi terhadap penyediaan tempat tinggal demi membantu para tunawisma, para pengungsi karena konflik, serta untuk meningkatkan kualitas hidup manusia.

Tema tahun ini

Untuk perayaan Hari Tempat asli Sedunia 2022, mengambil tema Mind the Gap. Leave No One and Place Behind . Fokus tema ini mengarah pada ketidaksetaraan dan tantangan yang dihadapi orang-orang di permukiman kota.

Selain itu, perayaan ini PBB menyokong masyarakat melakukan program triple C. Program triple C ini mengarah pada masyarakat yang menghadapi situasi pandemi Covid-19, iklim, serta krisis yang masih melanda.

Building Information Modelling Percepat Pembangunan Infrastruktur Revolusi Industri 4.0

PBB juga memfokuskan peringatan ini untuk menghadapi kemiskinan dan ketidaksetaraan masyarakat perkotaan. Oleh alasannya adalah itu, peringatan Hari Tempat asal Sedunia 2022 mendorong seruan pembangunan berkelanjutan untuk tempat tinggal yang lebih baik.

Comments