Tanya Seksolog: Apa Penyebab Munculnya Kutil Kelamin dan Bagaimana Cara Menyembuhkannya?

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Tanya Seksolog: Apa Penyebab Munculnya Kutil Kelamin dan Bagaimana Cara Menyembuhkannya?

Tanya Seksolog: Apa Penyebab Munculnya Kutil Kelamin dan Bagaimana Cara Menyembuhkannya?

KEPONEWS.COM - Tanya Seksolog: Apa Penyebab Munculnya Kutil Kelamin dan Bagaimana Cara Menyembuhkannya? Masalah penyakit kelamin kerap kali dialami banyak orang, salah satunya infeksi human papillomavirus (HPV) yang menyebabkan munculnya kutil kelamin. Kondisi ini merupakan kutil yang muncul di beberapa...

Masalah penyakit kelamin kerap kali dialami banyak orang, salah satunya infeksi human papillomavirus (HPV) yang menyebabkan munculnya kutil kelamin. Kondisi ini merupakan kutil yang muncul di beberapa bagian tubuh seperti lengan, tungkai, mulut, serta area kelamin.

Pada dasarnya kondisi ini terjadi karena adanya kontak langsung ataupun melalui hubungan seksual yang dilakukan dengan penderita. Namun, kutil kelamin masih menjadi pertanyaan banyak orang bagaimana sebenarnya penularan serta apa yang terjadi kalau mengalaminya.

Ilustrasi penis, ejakulasi, mr p (Pixabay/derneumann)Ilustrasi selangkangan, alat kelamin, kutil kelamin. (Pixabay/derneumann)

Menanggapi hal tersebut, seorang seksolog, Dr. David S. Reitman, MD memaparkan banyak sekali pertanyaan mengenai HPV. Untuk mengetahui lebih lanjut, simak ulasannya di tanya seksolog berikut.

Bagaimana seseorang bisa mendapatkan kutil kelamin (HPV)?

Tanya Seksolog: Dok, Kenapa Ukuran Payudara Kanan dan Kiri Berbeda?

Kutil kelamin (hpv) disebabkan oleh human papillomavirus. Virus ini hidup di kulit penis atau vagina dan dapat menyebar ke orang lain ketika alat kelamin bergesekan dengan vagina, penis, skrotum, mulut, atau daerah anus orang lain. Seseorang mungkin mendapatkan infeksi saat melakukan kontak seksual dengan pasangan yang sudah mempunyai infeksi di kulitnya.

Apakah kutil ini bisa diobati?

Ya bisa. Biasanya dokter akan memberikan beberapa jenis pengobatan yang diinginkan. Kadang-kadang, ahli bedah atau dokter kulit mungkin diharapkan untuk mengobati kasus yang parah. Penderita mungkin ingin melakukan perawatan di rumah, juga bisa meminta resep dan saran dari dokter yang mengatasi masalah tersebut.

Pastikan untuk mengikuti instruksi software dengan hati-hati. Jikalau tidak, pembengkakan, kemerahan, lepuh, dan pendarahan yang signifikan dapat terjadi di sekitar area yang terkena.

Bagaimana bila saya tidak ingin menjalani perawatan ini? Apakah saya akan mempunyai kutil selama sisa hidup saya?

Tanya Seksolog: Gairah Pasangan Lebih Besar, Bagaimana Cara Menghadapinya?

Tubuh manusia mempunyai kemampuan untuk membersihkan diri dari infeksi HPV. Kebanyakan pasien menemukan bahwa kutil kelamin mereka hilang seiring waktu, bahkan kalau tidak diobati. Biasanya dibutuhkan antara 1 dan 2 tahun untuk itu terjadi. Selama tidak keberatan menunggu, kebanyakan kutil kelamin tidak perlu diangkat secara medis.

Comments