Tips Bikin Konten Podcast Berfaedah Pakai Samsung Galaxy A12

Tips & Tricks

Fun / Tips & Tricks

Tips Bikin Konten Podcast Berfaedah Pakai Samsung Galaxy A12

Tips Bikin Konten Podcast Berfaedah Pakai Samsung Galaxy A12

KEPONEWS.COM - Tips Bikin Konten Podcast Berfaedah Pakai Samsung Galaxy A12 Samsung Galaxy A12. (Samsung) Saat ini, konten podcast semakin banyak diminati oleh masyarakat. Kategori konten dan creator-nya pun semakin beragam. Menurut riset Edison Research and Triton Digital, s...

Samsung Galaxy A12. (Samsung)

Saat ini, konten podcast semakin banyak diminati oleh masyarakat. Kategori konten dan creator-nya pun semakin beragam. Menurut riset Edison Research and Triton Digital, saat ini ada lebih dari 800.000 podcast aktif dan 54 juta episode di seluruh dunia. Jumlah pendengar podcast di Indonesia didominasi oleh anak muda, yaitu 22,1% pendengar podcast berusia 15-19 tahun, dan sebanyak 22,2% pendengar podcast lainnya berusia 20-24 tahun. Selain itu, berdasarkan sebuah survey JakPat Mobile Survey Platform terhadap 2.023 pengguna smartphone, 80,82% responden mendengarkan konten podcast dalam enam bulan terakhir. Dengan tingginya minat akan produksi konten podcast, mulai banyak orang tertarik untuk mencoba membuat konten podcast, termasuk YouTuber dan Influencer.

Seiring dengan hal tersebut, Samsung Electronics Indonesia (SEIN) menghadirkan smartphone Galaxy A12 dengan pilihan RAM 4GB dan 6GB serta memori internal 128 GB, dan baterai besar 5.000 mAh sebagai perangkat yang menyokong penggunanya dalam berkreasi konten di sosmed, salah satunya podcast. Melalui program Tetap Semangat Indonesia, SEIN juga berkomitmen untuk terus menyokong passion para pengguna Galaxy A, khususnya di bidang kreasi konten.

Apa yang dibutuhkan oleh konsumen selalu ada dalam benak kami di setiap terobosan yang Samsung hadirkan. Sejalan dengan semakin tingginya minat masyarakat menikmati konten-konten podcast, Samsung mendorong siapa pun yang passionate dalam hal kreasi konten untuk turut ambil bagian supaya semakin banyak lagi konten-konten berfaedah. Melalui kampanye Tetap Semangat Indonesia, didukung oleh Samsung Galaxy A12 yang fiturnya sangat mumpuni untuk bikin podcast dengan mudah dan terjangkau, kami berharap generasi muda bisa tetap semangat berkreasi di masa-masa penuh tantangan ini, pantang menyerah untuk terus menginspirasi di kala pandemi, ujar Irfan Rinaldi, Product Marketing Manager, Samsung Electronics Indonesia.

Wisnu Kumoro, seorang Tech Reviewer dengan jumlah subscriber 326 ribu di akun YouTube-nya ini memberikan tips perihal bagaimana kita dapat membuat kreasi konten podcast di rumah hanya dengan memanfaatkan Samsung Galaxy A12.

Wisno Kumoro beri tips bikin podcast. (Samsung)Wisnu Kumoro beri tips bikin podcast. (Samsung)

Dengan harga dua jutaan, Samsung Galaxy A12 ini cukup banget untuk jadi studio podcast portable kamu, soalnya baterai, storage dan memorinya menurut gue cukup banget untuk bikin konten podcast di mana pun. Smartphone ini memakai processor Mediatek Helio P35 dengan pilihan RAM 4GB dan 6GB serta memori internal 128GB, jadi nggak perlu takut memori kepenuhan saat bikin konten. Baterai yang besar 5.000 mAh juga menyokong perekaman konten podcast yang durasinya panjang. Software voice recorder bawaannya juga kualitasnya nggak kalah bagus dengan aplikasi-aplikasi premium yang lain, ujar Wisnu Kumoro.

Selain memanfaatkan fasilitas yang ada dari Samsung Galaxy A12, yuk simak tips Wisnu Kumoro supaya konten podcast yang kamu buat bisa lebih maksimal!

Atur jarak mic dengan sumber suara
Konten podcast ialah soal kejernihan suara. Saat merekam konten podcast, perhatikan jarak antara microphone dengan mulut atau sumber suara. Kenali juga posisi yang paling menghasilkan suara terbaik dari segi volume dan daya tangkap. Posisi ideal microphoneadalah yang tidak horizontal dengan mulut, tetapi sedikit di bawah mulut. Dengan demikian microphone tidak akan terganggu oleh suara hembusan angin atau suara lainnya yang tidak nyaman didengar. Menurut Wisnu Kumoro, jarak paling ideal antara microphone dengan sumber suara ialah lima hingga tujuh jari. Aspek ini juga bertujuan agar suara kalian tidak terdistorsi kalau jaraknya terlalu dekat.

Matikan notifikasi saat merekam
Tentunya kamu perlu konsentrasi penuh saat membuat konten podcast, apalagi jikalau harus ngobrol dengan orang lain. Sebaiknya, kamu mematikan terlebih dulu notifikasi di smartphone-mu agar kamu tidak terganggu. Lebih baik lagi bila kamu menyalakan fasilitas airplane mode. Selain tidak terganggu notifikasi, kamu juga dapat menghemat baterai dengan lebih baik. Setelah merekam, kamu dapat menyimpan file rekamanmu dengan memanfaatkan fasilitas KNOX Security yang dimiliki oleh Samsung Galaxy A12. Samsung Galaxy A12 ini menarik karena termasuk dalam jajaran perangkat baru yang mengusung antarmuka pengguna atau sistem operasi modifikasi One UI Core. KNOX Security berfungsi untuk menjaga data-data penting kamu serta mengamankan perangkat dari serangan siber dan virus yang berpotensi merugikan pengguna.

Perhatikan kenyamanan dalam mendengarkan kontenmu

Kalau sudah selesai merekam kontenmu, kamu harus memposisikan diri sebagai pendengar dari kontenmu. Dengarkan kontenmu dari awal sampai selesai. Apakah kamu sudah cukup nyaman mendengarkannya? Atau masih ada suara-suara yang mengganggu? Nah, kalau dirasa sudah cukup nyaman untuk didengar, kamu bisa lanjut ke proses editing! Menurut Wisnu Kumoro, terdapat beberapa software editing yang cukup baik untuk mengedit konten podcast, seperti Wave Editor, Dolby-On, dan N Track. Melalui aplikasi-aplikasi ini, kamu dapat mengedit dengan lebih leluasa seperti melakukan trimming dan menambahkan efek-efek tertentu. Samsung A12 juga sudah dilengkapi dengan teknologi Dolby Atmos yang bisa menghasilkan kualitas suara lebih baik dengan 1 speaker yang terletak di bagian bawah ponsel.

Samsung Galaxy A12 dengan memori RAM 4/128GB bisa dipesan seharga Rp2.499.000, dan yang RAM 6/128GB di harga Rp2.799.000.

Comments