Tugu Peringatan Uni Soviet di Jerman Tidak Lagi Diinginkan?

Internasional

News / Internasional

Tugu Peringatan Uni Soviet di Jerman Tidak Lagi Diinginkan?

Tugu Peringatan Uni Soviet di Jerman Tidak Lagi Diinginkan?

KEPONEWS.COM - Tugu Peringatan Uni Soviet di Jerman Tidak Lagi Diinginkan? Tugu Peringatan Uni Soviet di Jerman Tidak Lagi Diinginkan?Setelah berakhirnya Perang Dunia II, empat tugu peringatan didirikan oleh Tentara Merah di Berlin. Mereka dimaksudkan untuk memperingati Tent...
Tugu Peringatan Uni Soviet di Jerman Tidak Lagi Diinginkan?

Setelah berakhirnya Perang Dunia II, empat tugu peringatan didirikan oleh Tentara Merah di Berlin. Mereka dimaksudkan untuk memperingati Tentara Merah Uni Soviet yang tewas, terutama mereka yang tewas dalam Pertempuran Berlin. Ini bukan hanya monumen yang memperingati kemenangan, tetapi juga situs peringatan dengan kuburan militer.

Berlin secara hukum berkewajiban untuk memelihara tugu peringatan Soviet: sebagai bagian dari perjanjian 1990 antara Republik Federal Jerman, Jerman timur (DDR) dan empat kekuatan juara Perang Dunia Kedua, dimana pelestarian dan pemeliharaan tugu peringatan juga disepakati.

Serangan warna pada tugu peringatan di Treptower Park

Memorial Perang Soviet di Treptower Park ialah monumen terbesar dari jenisnya di Jerman dan peringatan terpenting bagi tentara Soviet di Berlin. 7000 tentara dari seluruh bekas republik Soviet dimakamkan di lima kuburan di sekitarnya.

Pada awal April, orang-orang tak dikenal mengoleskan slogan-slogan anti-Rusia di tugu peringatan itu. Para pelaku menyemprotkan slogan-slogan seperti "Darah Ukraina di Tangan Rusia" atau "Matilah Semua Orang Rusia" dengan cat merah, dan beberapa hari kemudian simbol "Z" dan slogan-slogan seperti "Pembunuh" atau "Orc". Monumen itu sekarang dalam pengawasan yang ketat dan polisi sedang mencari para pelakunya.

Justus H. Ulbricht, sejarawan Jerman dan direktur pelaksana asosiasi "Denk Mal Fort!" sangat yakin bahwa merobohkan atau mengotori monumen tidak akan ada gunanya: "Apa yang Kamu lihat di Treptow ialah monumen heroik. Kecintaan terhadap pahlawan ini telah menurun drastis di Jerman. Monumen semacam sebelumnya sudah diperdebatkan." Tetapi sejarawan berpikir bahwa setiap monumen merupakan bagian dari sejarah kota. "Suara saya ialah: biarkan saja, biarkan membuat orang berbicara, berkomentar."

Apa yang akan terjadi dengan Museum Jerman-Rusia?

Hingga 24 Februari, bendera Ukraina, Rusia, Belarusia, dan Jerman digantung di depan gedung Museum Jerman-Rusia (Deutsch-Russischen Museum) di Berlin-Karlshorst. Sekarang hanya bendera Ukraina yang tergantung di sana.

"Banyak orang percaya bahwa kami ingin membuat orang melupakan prestasi Tentara Merah dan peran Uni Soviet dalam Perang Dunia II dengan hanya mengibarkan bendera Ukraina. Itu sama sekali tidak benar. Itu tanda solidaritas dengan Ukraina. Sebelumnya kami mengibarkan semua bendera karena bangsa-bangsa itulah yang bekerja bersama di sini," kata direktur museum J rg Morr dalam sebuah wawancara dengan DW.

Di gedung yang kini menjadi museum itu ditandatangani penyerahan tanpa syarat Jerman pada 8 Mei 1945. Museum ini didirikan bersama oleh Republik Federal Jerman dan Federasi Rusia pada tahun 1994 dalam bentuk hukum asosiasi, di mana museum nasional Perang Dunia II Ukraina dan Belarus bergabung sebagai anggota pada tahun 1997/98. Setelah didesain ulang, museum di Karlshorst dibuka kembali pada Mei 1995 sebagai Museum Jerman-Rusia.

Mengingat invasi Rusia ke Ukraina, manajemen museum memutuskan untuk memakai nama "Museum Berlin-Karlshorst" yang dimasukkan dalam daftar asosiasi, karena itu dimaksudkan untuk memperingati semua korban Soviet dari perang pemusnahan Jerman, terlepas dari kebangsaan mereka.

"Federasi Rusia berusaha untuk menasionalisasi kemenangan Soviet, memonopolinya, dan dalam beberapa kasus setiap pendekatan kooperatif digunakan. Saat ini, hanya jarak yang membantu kami. Hanya tanda yang sangat jelas yang membantu di sini," kata direktur museum J rg Morr . (vlz/pkp)

Comments