Vietnam Layangkan Protes ke FIFA karena Tak Dapat Penalti saat Lawan Australia

Sepakbola

Sports / Sepakbola

Vietnam Layangkan Protes ke FIFA karena Tak Dapat Penalti saat Lawan Australia

Vietnam Layangkan Protes ke FIFA karena Tak Dapat Penalti saat Lawan Australia

KEPONEWS.COM - Vietnam Layangkan Protes ke FIFA karena Tak Dapat Penalti saat Lawan Australia Vietnam kalah tipis 0-1 dari Australia pada laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia, Selasa (7/9/2021). Dalam kekalahan itu, pihak Vietnam merasa dirugikan kinerja wasit, sehingga melayangkan prot...

Vietnam kalah tipis 0-1 dari Australia pada laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia, Selasa (7/9/2021). Dalam kekalahan itu, pihak Vietnam merasa dirugikan kinerja wasit, sehingga melayangkan protes.

Dalam laga itu, Australia menang tipis berkat gol semata wayang Rhyan Grant pada menit ke-43. Sebelum mencetak gol, Grant dinilai melakukan handball pada menit ke-28 saat memblok tendangan Nguyen Hong Duy.

Akan tetapi, wasit tak memberikan hadian penalti ke anak asuh Park Hang-seo. Wasit pemimpin laga, Abdulrahman Al Jassim sempat mendapat sinyal untuk memantau ulang insiden tersebut.

Meski begitu, dia tetap kekeh dengan keputusannya untuk tidak memberikan hadiah penalti ke Vietnam. Alhasil, keputusan itu membuat Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF) melayangkan protes ke FIFA.

Dipanggil TC Timnas Indonesia U-18, Pemain Muda Semen Padang FC Ini Siap Kerja Keras

"VFF tidak mengkritik, hanya memberikan saran membangun, meminta organisasi terkait meninjau pekerjaan wasit demi menigkatkan kualitas turnamen, termasuk menyebabkan masalah serius. Kontroversi dalam laga terakhir antara Vietnam dan Australia," ucap Wakil Presiden VFF, Tran Quoc Tuan dari VN Express.

Laga Vietnam vs Australia di Kualifikasi Piala Dunia 2022. (Manan VATSYAYANA / AFP)Laga Vietnam vs Australia di Kualifikasi Piala Dunia 2022. (Manan VATSYAYANA / AFP)

Vietnam sendiri melayangkan protes tersebut karena sudah melihat tayangan ulang insiden tersebut dan mereka beranggapan layak untuk mendapatkan hadiah penalti karena pemain Australia handball.

Terkait protes ini, FIFA telah mengkonfirmasi telah mendapatkan surat protes resmi dari VFF dan akan segera menanggapinya.

Sementara itu, Timnas Vietnam saat ini berada di peringkat akhir bersama China dalam Grup B Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

Vietnam yang sudah bertanding dua kali selalu mengalami kekalahan. Sebelum kalah dari Australia Vietnam lebih dulu dihajar Arab Saudi dengan skor 3-1.

Alfriyanto Nico Bakal Berjuang Demi Satu Tempat di Timnas Indonesia U-18

Comments