Viral Joko Kendil Jalan Kaki Cepat Lintasi Provinsi, Ngaku Naik Macan Putih

Trending

Fun / Trending

Viral Joko Kendil Jalan Kaki Cepat Lintasi Provinsi, Ngaku Naik Macan Putih

Viral Joko Kendil Jalan Kaki Cepat Lintasi Provinsi, Ngaku Naik Macan Putih

KEPONEWS.COM - Viral Joko Kendil Jalan Kaki Cepat Lintasi Provinsi, Ngaku Naik Macan Putih "Saya tidak berjalan. Yang berjalan macannya," kata Joko Kendil.Viral Joko Kendil berjalan cepat melintasi kota dan provinsi. (TikTok/ @ekanovitasari704) Sosme...

"Saya tidak berjalan. Yang berjalan macannya," kata Joko Kendil.

Viral Joko Kendil berjalan cepat melintasi kota dan provinsi. (TikTok/ @ekanovitasari704)

Sosmed dan platform video pendek dihebohkan dengan sosok pria yang memakai caping dan berjalan cepat. Pria bernama Joko Kendil ini viral karena masuk dalam beberapa video FYP di TikTok.

Tak membuat konten sendiri, Joko Kendil viral karena aksi jalan cepatnya direkam oleh orang lain. Bila ditotal, belasan video FYP di TikTok mengenai pria bercaping itu sudah ditonton puluhan juta kali.

Video terbaru yang diunggah pada Rabu (28/09/2022) oleh akun @ekanovitasari704 mengungkap bahwa Joko Kendil sudah berada di Blora, Jawa Tengah.

"Sampai Blora, Jawa Tengah, jam 2 siang dari Demak mau ke arah Rembang," tulis @ekanovitasari704 pada caption. Ada pula netizen yang merekam sosok Joko Kendil sedang salat pada salah satu masjid di Kudus.

Joko Kendil mempunyai penampilan yang menarik perhatian mata. Ia membawa tongkat sembari mengenakan caping hijau. Pria tersebut juga memakai pakaian hitam dengan celana cingkrang.

Viral Joko Kendil berjalan cepat melintasi kota dan provinsi. (TikTok/ @ekanovitasari704)Viral Joko Kendil berjalan cepat melintasi kota dan provinsi. (TikTok/ @ekanovitasari704)

Belasan video memperlihatkan Joko Kendil yang berjalan cepat sembari menunduk. Berdasarkan kesaksian beberapa netizen, Joko Kendil terekam berjalan cepat melintasi beberapa kota dan provinsi termasuk daerah dekat Jalan Parangtritis Provinsi Yogyakarta, Solo, Klaten, Blora, Kudus, dan daerah lain di Provinsi Jawa Tengah.

Hal yang membuat netizen kagum ialah Joko Kendil ini melintasi kota dan provinsi dengan berjalan kaki cepat serta membawa bekal seadanya.

Meski ia hanya menggendong tas kecil, namun beberapa video menampilkan bahwa Joko Kendil sering memperoleh bekal makanan dari warga yang melihatnya di pinggir jalan.

"Kemarin saya melihat beliau di Jalan Parangtritis Yogyakarta, arah ke utara. Kemungkinan baru ziarah ke makam Syekh Maulana Magribi di bukit Parangtritis. Benar sekali, beliau jalannya sangat cepat dan menunduk ke bawah. Luar biasa, Semoga sehat selalu pak," kata netizen bernama Su**lo Wib**o melalui komentar di YouTube yang diunggah satu bulan lalu.

Viral Joko Kendil berjalan cepat melintasi kota dan provinsi. (TikTok/ @malikhidayatt_)Viral Joko Kendil berjalan cepat melintasi kota dan provinsi. (TikTok/ @malikhidayatt_)

Pemilik channel YouTube Sinau Hurip pernah mewawancarai sosok bernama Joko Kendil ini. Pria itu terobsesi berkeliling dunia. Jalan kaki cepat telah dilakoni semenjak tahun 2001.

Ia mengaku sebagai murid dari Syekh Hadi Demak Guntur. Ketika ditanya apakah ia tak capek berjalan kaki cepat dalam waktu lama, Joko Kendil mengklaim bahwa ia naik macan putih.

"Kula mboten mlampah. Sing mlaku macan e. Macan warnane putih. Nggih, kulo numpak macan. (Saya tidak berjalan. Yang berjalan macannya. Macan berwarna putih. Iya, saya naik macan putih)," kata Joko Kendil dikutip dari channel YouTube Sinau Hurip.

YouTuber Sinau Hurip mengungkap bahwa kantong Joko Kendil cukup tebal. "Duitmu akeh kang, sakmu kandel (Uangmu banyak kang, kantongmu tebal)," kata pria di dalam video.

Viral Joko Kendil berjalan cepat melintasi kota dan provinsi. (YouTube/ Sinau Hurip)Viral Joko Kendil berjalan cepat melintasi kota dan provinsi. (YouTube/ Sinau Hurip)

Joko Kendil lantas menjawab bahwa uang yang ia terima dari orang-orang akan dibagikan lagi kepada warga yang membutuhkan di sepanjang perjalanan. Pria ini mengaku bahwa nama aslinya ialah Kusnan. Joko Kendil merupakan nama pemberian dari gurunya.

"Asline kula Kusnan. Jeneng Joko Kendil dinei seko guru kula, Guntur," kata Joko Kendil. Postingan video viral mengenai Joko Kendil yang berjalan kaki cepat itu mendapat beragam komentar dari netizen.

"Memang luar biasa untuk para musadir. Saya juga yakin beliau mempunyai kelebihan-kelebihan yang orang biasa tidak punya," kata @gegebuana.

"Gue pernah lihat orang ini di Tegal. Gila, jalannya cepet banget (emoticon terkejut)," komentar @akh**dri**ldi.

"Bismillah semoga lewat Purbalingga, semoga dapat bertemu beliau," tulis @riz**b**5.

"Beliau suka ziarah di makam para wali Allah. Kalau dekat tersebut inshaa Allah dapat bertemu," balas @maj**sbon**woso. Hingga berita ini dibuat, video viral Joko Kendil yang berjalan cepat melintasi provinsi itu masih menjadi perbincangan di TikTok dan sosmed.

Comments