Waduh! Lebih dari 5,4 Juta Akun Twitter Bocor dan Dibagikan Gratis

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Waduh! Lebih dari 5,4 Juta Akun Twitter Bocor dan Dibagikan Gratis

Waduh! Lebih dari 5,4 Juta Akun Twitter Bocor dan Dibagikan Gratis

KEPONEWS.COM - Waduh! Lebih dari 5,4 Juta Akun Twitter Bocor dan Dibagikan Gratis Baru-baru ini, pada 24 November kemarin, sebanyak 5,4 juta data akun Twitter telah dibagikan secara gratis di forum peretasan. Pompompurin telah mengonfirmasi kepada BleepingComputer bahwa ini ialah...

Baru-baru ini, pada 24 November kemarin, sebanyak 5,4 juta data akun Twitter telah dibagikan secara gratis di forum peretasan.

Pompompurin telah mengonfirmasi kepada BleepingComputer bahwa ini ialah data yang sama yang dijual pada Agustus lalu.

Data yang dimaksud mencakup 5.485.635 catatan pengguna Twitter, sebagaimana melansir BleepingComputer, Selasa (29/11/2022).

Data pengguna Twitter ini berisi alamat email atau nomor telepon pribadi, dan data yang diambil secara publik, termasuk ID Twitter akun, nama, nama layar, status terverifikasi, lokasi, URL, deskripsi, jumlah pengikut, tanggal pembuatan akun, jumlah sahabat, jumlah favorit, jumlah status, dan URL gambar profil.

Twitter Diblokir Android dan Apple, Elon Musk Akan Bikin HP Baru

Meskipun mengkhawatirkan bahwa pelaku ancaman merilis 5,4 juta data secara gratis, data dump yang lebih besar diduga dibuat memakai kerentanan yang sama.

Dump data ini berpotensi berisi puluhan juta akun Twitter yang terdiri dari nomor telepon pribadi yang dikumpulkan memakai bug API yang sama, dan berita publik, termasuk status terverifikasi, nama akun, ID Twitter, bio, dan nama layar.

Data pengguna akun Twitter bocor. [BleepingComputer]Data pengguna akun Twitter bocor. [BleepingComputer]

Gosip wacana pelanggaran data yang lebih signifikan ini datang dari pakar keamanan Chad Loder, yang pertama kali memberikan gosip di Twitter dan ditangguhkan segera setelah diposting.

Loder kemudian memosting sampel redaksi dari pelanggaran data yang lebih besar ini di Mastodon.

"Saya baru saja mendapatkan bukti pelanggaran data Twitter besar-besaran yang memengaruhi jutaan akun Twitter di UE dan AS. Saya telah menghubungi sampel akun yang terpengaruh dan mereka mengonfirmasi bahwa data yang dibobol itu akurat. Pelanggaran ini terjadi tidak lebih awal dari tahun 2021," Loder membuatkan di Twitter.

Elon Musk Ingin Twitter Punya Fasilitas Seperti WhatsApp

BleepingComputer telah memperoleh file sampel dari dump data Twitter yang sebelumnya tidak diketahui ini, yang berisi 1.377.132 nomor telepon untuk pengguna di Prancis.

Comments