Waspada Flu Burung H5N6, Kenali 6 Gejalanya!

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Waspada Flu Burung H5N6, Kenali 6 Gejalanya!

Waspada Flu Burung H5N6, Kenali 6 Gejalanya!

KEPONEWS.COM - Waspada Flu Burung H5N6, Kenali 6 Gejalanya! RUPANYA Badan Kesehatan Dunia (WHO) meminta kepada dunia untuk semakin meningkatkan pengawasan terhadap penyakit flu burung H5N6. Pasalnya, China kembali melaporkan satu kasus pada perempuan berusia 6...

RUPANYA Badan Kesehatan Dunia (WHO) meminta kepada dunia untuk semakin meningkatkan pengawasan terhadap penyakit flu burung H5N6. Pasalnya, China kembali melaporkan satu kasus pada perempuan berusia 60 tahun asal Hunan.

Beberapa berita menerangkan bahwa pasien terkonfirmasi positif flu burung H5N6 setelah berinteraksi dengan unggas mati. Kasus ini menjadi kasus ke-49 semenjak 2014.

unggas

Sebagai bentuk kewaspadaan, Kamu mesti tahu bahwa ada beberapa faktor penyebab flu burung bisa menginfeksi tubuh manusia. Misalnya kontak dengan kotoran burung atau unggas yang terinfeksi, atau sekresi dari hidung, mulut, atau mata unggas.

Pasar terbuka yang mana telur dan unggas dijual dalam kondisi ramai dan tidak bersih juga dapat menjadi sumber penyebaran infeksi. Meski begitu, flu burung H5N6 masih diyakini sangat lemah menular dari manusia ke manusia.

Di sisi lain, gejala yang muncul karena flu burung itu seperti penyakit flu pada umumnya. Namun, ada kekhasan dan tentu ini muncul kebanyakan setelah Kamu berinteraksi dengan unggas yang sakit atau mati.

Jadi, apa saja gejala flu burung secara umum?

1. Batuk

2. Demam

3. Sakit tenggorokan

4. Nyeri otot

5. Sakit kepala

6. Sesak napas

"Beberapa orang juga mengalami mual, muntah, diare. Bahkan, pada kasus khusus, pasien mengalami infeksi mata ringan (konjungtivitis)," ungkap laporan Mayo Clinic.

Jikalau pasien tidak ditangani dengan tepat, beberapa komplikasi berat bisa terjadi dan dikatakan di sana mengancam nyawa, termasuk:

1. Radang paru-paru

2. Mata merah

3. Kegagalan pernapasan

4. Disfungsi ginjal

5. Masalah jantung

"Meskipun flu burung mengancam nyawa, jumlah kematian masih rendah karena kasusnya pun kecil. Kurang dari 500 kematian karena flu burung dilaporkan WHO semenjak 1997," tambah laporan tersebut.

(DRM)

Comments