WHO Peringatkan Omicron Subvarian BA.2 seperti Siluman, Sulit Dilacak!

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

WHO Peringatkan Omicron Subvarian BA.2 seperti Siluman, Sulit Dilacak!

WHO Peringatkan Omicron Subvarian BA.2 seperti Siluman, Sulit Dilacak!

KEPONEWS.COM - WHO Peringatkan Omicron Subvarian BA.2 seperti Siluman, Sulit Dilacak! SEORANG ilmuwan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengungkapkan kekhawatirannya terkait penyebaran sub-varian BA.2 dari Omicron atau son of omicron . Dia mengatakan, saat ini sub-varian tersebut telah...

SEORANG ilmuwan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengungkapkan kekhawatirannya terkait penyebaran sub-varian BA.2 dari Omicron atau son of omicron . Dia mengatakan, saat ini sub-varian tersebut telah ditemukan di lima negara di Afrika.

BA.2 telah dilaporkan di lima negara, yaitu Botswana, Kenya, Malawi, Senegal, serta Afrika Selatan, kata Dr Nicksy Gumede-Moeletsi, seperti dikutip dari Q107, Jumat (4/2/2022).

Melihat adanya penyebaran subvarian tersebut, dr Nicksy mengaku prihatin. Pasalnya, dia menyebut bahwa BA.2 telah terbukti sulit diidentifikasi. Hal ini karena itu tidak selalu diambil oleh kriteria S-Gene Sasaran Failure, yang digunakan untuk membedakan varian Omicron dari varian lain.

Omicron

Dia memaparkan, varian Omicron asli atau versi BA.1 cenderung lebih mudah dilacak daripada varian sebelumnya. Hal ini karena BA.1 kehilangan satu dari tiga gen sasaran yang digunakan dalam tes PCR umum. Kasus yang menunjukkan pola seperti ini diasumsikan secara default disebabkan oleh BA.1.

Lebih lanjut, BA.2 atau son of omicron ini kadang-kadang dikenal sebagai sub-varian siluman karena tidak mempunyai gen sasaran yang hilang seperti varian Omicron asli.

Siti Badriah Positif Covid-19 Omicron, Apa Risikonya terhadap Kehamilan?

Namun, para ilmuwan memantaunya dengan cara yang sama seperti varian sebelumnya, termasuk Delta, dengan melacak jumlah genom virus yang dikirim ke database publik seperti GISAID.

Alami Batuk dan Pilek, Perlukah Langsung Swab Antigen?

Ternyata seperti varian lain, infeksi BA.2 dapat terdeteksi memakai alat tes Covid-19 biasa. Meski begitu, hasil tes tak bisa menentukan varian Covid-19, apakah itu Omicron, subvarian Omicron, atau yang lainnya.

Sementara itu, sebuah penelitian di Denmark menyebutkan bahwa subvarian BA.2 lebih menular daripada BA.1 yang lebih umum. Kami menyimpulkan bahwa Omicron BA.2 secara inheren jauh lebih menular daripada BA.1, ungkap peneliti dari studi tersebut.

Comments