Window Shopping Artinya Apa? Cuma Lihat-Lihat tapi Banyak Manfaatnya

Lifestyle & Fashion

Life & Style / Lifestyle & Fashion

Window Shopping Artinya Apa? Cuma Lihat-Lihat tapi Banyak Manfaatnya

Window Shopping Artinya Apa? Cuma Lihat-Lihat tapi Banyak Manfaatnya

KEPONEWS.COM - Window Shopping Artinya Apa? Cuma Lihat-Lihat tapi Banyak Manfaatnya Tanpa disadari, selama ini window shopping ialah hobi banyak orang. Apa itu window shopping sebenarnya? Apakah Kamu sering menghabiskan waktu untuk berjalan-jalan di mal sekedar untuk melihat-lihat...

Tanpa disadari, selama ini window shopping ialah hobi banyak orang. Apa itu window shopping sebenarnya?

Apakah Kamu sering menghabiskan waktu untuk berjalan-jalan di mal sekedar untuk melihat-lihat barang yang Kamu inginkan namun tidak berminat untuk membelinya melalui etalase toko? Jikalau jawabannya iya, ini artinya Kamu tengah melakukan kegiatan yang disebut window shopping.

Apa Itu Window Shopping?

Ilustrasi belanja (pexels.com/Andrea Piacquadio)Ilustrasi belanja (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Dilansir dari laman merriam webster, windows shopping merupakan kegiatan saat seseorang melihat-lihat pajangan yang ada di jendela toko ritel tanpa masuk ke dalam untuk melakukan pembelian. Istilah lain yang sering digunakan untuk memaparkan window shopping merupakan cuci mata.

5 Cara Mudah Mengurangi Stres dan Kecemasan saat Bekerja, Pernah Mengalaminya?

Istilah window shopping sudah dilakukan semenjak abad ke-18 oleh para bangsawan dan kelas elit di Eropa. Saat itu, penggunaan kaca bening untuk etalase toko belum cukup populer. Namun, ternyata penggunaan kaca bening ini meningkatkan penjualan sehingga marak digunakan sampai sekarang.

Bagi sebagian orang, sekedar melihat-lihat sudah memberikan kebahagiaan tersendiri, bahkan dapat mengurangi stres dan membuat pikiran lebih santai. Window shopping akan terasa lebih seru saat dilakukan bersama sahabat yang mempunyai ketertarikan serupa.

Manfaat Window Shopping

Meningkatkan Produksi Hormon Endorfin

Endorfin merupakan hormon yang dihasilkan ketika seseorang merasakan kebahagiaan. Setelah itu, hormon ini akan bertindak dalam menekan stres dan memberikan pengaruh positif pada pikiran seseorang.

5 Manfaat Punya Hewan Peliharaan, Salah Satunya Bikin Tambah Happy!

Ilustrasi belanja pada masa pandemi Dok. Unsplash-arturo reyIlustrasi belanja pada masa pandemi (Unsplash/arturo rey)

Olahraga

Window shopping biasanya tidak dilakukan pada satu tempat saja. Mereka yang melakukannya bisa mengitari seluruh toko di mal, bahkan berputar hingga beberapa kali.

Oleh karena itu, secara tidak langsung, window shopping juga merupakan bentuk olahraga. Tentu saja Kamu akan lebih mudah melakukannya karena tanpa paksaan.

Meningkatkan Motivasi

Ketika melihat barang-barang yang dipajang di etalase, bukan berarti Kamu tidak mungkin jatuh cinta dengan salah satu di antaranya. Oleh karena itu, aktivitas ini juga bisa meningkatkan motivasi Kamu untuk bekerja lebih keras sehingga dapat kembali lagi untuk membeli barang tersebut.

Membantu Pengambilan Keputusan

Window shopping merupakan salah satu solusi ketika Kamu ragu untuk membeli sesuatu. Melalui window shopping, Kamu mempunyai waktu lebih banyak untuk membandingkan satu barang di satu toko dengan lainnya sehingga dapat memutuskan mana barang yang paling Kamu inginkan.

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri

Comments